10 Kuliner Spanyol Rekomendasi Chef Marinka

Kuliner Spanyol, Burrata--foto instagram chef rinrinmarinka

Acuantoday.com— Edisi jalan-jalan Rinrin Marinka kali ini adalah Spanyol. Di Negeri Matador ini—seperti biasanya— selain mengunjungi sejumlah objek wisata di sana, Chef Rinrin Marinka pun menyempatkan diri menjelajah kuliner Negeri Matador.

Hasilnya, ada 10 kuliner Spanyol yang direkomendasikan Chef Rinrin Marinka kepada para followersnya di akun Instagram pribadinya. Rasanya, kata Rinrin, dijamin lezat. Jadi kalau suatu saat Anda berkunjung ke Spanyol jangan sampai lupa mencicipi 10 makanan ini.

Yang pertama direkomendasikan Chef Marinka adalah Burrata dan Sangria. Ini adalah dua menu berbeda. Burrata sebenarnya adalah makanan khas Italia, namun kata Chef Marinka, Burrata di Spanyol pun rasanya luar biasa lezat.

Kuliner Spanyol Burrata dan Sangria— foto instagram chef rinrinmarinka

Mengutip wikipedia, Burrata merupakan keju susu sapi Italia yang terbuat dari mozzarella dan krim. Kulit luarnya adalah mozzarella padat, sedangkan bagian dalamnya mengandung stracciatella dan krim, memberikan tekstur lembut dan tidak biasa. Ini adalah ciri khas Apulia.

Sedangkah Sangria adalah minuman beralkohol yang berasal dari Spanyol dan Portugal. Di bawah peraturan UE, hanya kedua negara Iberia yang dapat memberi label produk mereka sebagai Sangria. Produk serupa dari berbagai daerah dibedakan atas namanya

Resep Sangria sangat bervariasi bahkan di Spanyol. Bahan dasarnya selalu anggur merah, dan beberapa cara untuk menambah rasa buah atau rasa yang lebih manis, dan mungkin meningkatkan kandungan alkohol.

Secara tradisional dapat dicampur dengan buah-buahan lokal seperti persik, nektarin, beri, apel, pir, atau buah-buahan global seperti nanas atau jeruk nipis, dan dimaniskan dengan gula dan jus jeruk. Anggur merah Rioja Spanyol adalah minuman tradisional. Beberapa resep sangria, selain anggur dan buah, memiliki bahan tambahan, seperti brendi, air soda, atau minuman beralkohol beraroma.

Kuliner khas Spanyol Jamon— sumber foto jamon.com

2.Semua jenis Jamon. Jamon adalah makanan khas Spanyol, yakni daging (ham) babi yang diawetkan. Untuk Muslim, tentunya, tidak bisa menyantap makanan ini. Namun kemudian ada seorang pengusaha Tunisia yang membuat Jamon halal yakni dengan mengganti daging babi dengan domba ataupun sapi. Proses pembuatannya sama dengan Jamon tradisional yakni pengawetan selama beberapa bulan. Rempah-rempah lokal juga digunakan seperti, thyme, paprika, oregano.

3.Irisan Jamon Iberico. Seperti dijelaskan sebelumnya Jamon lberico yang merupakan makanan khas Spanyol yang sudah mendunia. Biasanya sebelum dikonsumsi daging babi yang sudah diawetkan itu, dihidangkan setelah diiris-iris. Nah mengiris nya pun ada tekniknya dan itu biasanya dilakukan oleh ahlinya. Soal harganya bervariasi, tergantung dari kualitas dagingnya. Mengutip jamon.com, harga Jamón Ibérico de Bellota dianggap ham terbaik di dunia. Ham utuh tersebut  bisa dijual hingga $ 2.000 per potong. Mahalnya harga Jamon ini bisa jadi karena cukup lama diawetkan yakni 24-48 bulan.

4.Tapas. “Ini  hidangan kecil Spanyol yang disajikan sebagai makanan ringan atau makanan pembuka, termasuk 2 buah zaitun berwarna dengan keju mancheho! (Lihat bijinya yang cocok dengan daging buah zaitun!),” tulis Chef Marinka.

5.Filete de solomillo & Cava Sangria

6.Camilan/makanan pembuka klasik Spanyol: Roti, tomat, bawang putih & minyak zaitun

Tapas, kuliner khas Spanyol–foto Elemaki/en.wikipedia.org

7.Tapas: croquetas, bom kentang pedas dan sejenis keripik Spanyol (namanya tidak ditemukan tapi rasanya seperti krupuk beras)

8.Alfajores (kue bebas gluten dengan isian karamel & kelapa)

9.Empanada (semacam panada Manado isi macem2)

10.Floretas recetas (semacem kembang goyang tp lbh puffy)

 

***dian/sumber:chef marinka dan berbagai sumber lainnya

Comments

comments