10 Makanan yang Dapat Tingkatkan Imunitas Tubuh

Ilustrasi-- sumber gambar youtube Garden, Places, Health

Acuantoday.com— Sistem imunitas atau daya tahan tubuh memiliki peran penting dalam menjaga kesehatan. Imunitas tubuh harus dijaga dengan baik agar tidak mudah terserang penyakit. Apalagi dalam situasi seperti sekarang, pandemic Covid 19.

Dikutip dari medicalnewstoday , inilah 10 makanan yang dapat meningkatkan imunitas tubuh.

sumber gambar medicalnewstoday

1.Blueberry mengandung sejenis flavonoid yang disebut antosianin, yang memiliki sifat antioksidan yang dapat membantu meningkatkan sistem kekebalan tubuh seseorang. Sebuah studi tahun 2016 mencatat bahwa flavonoid memainkan peran penting dalam sistem pertahanan kekebalan saluran pernapasan.

Para peneliti menemukan bahwa orang yang makan makanan yang kaya flavonoid lebih kecil kemungkinannya untuk terkena infeksi saluran pernapasan bagian atas, atau flu biasa, dibandingkan mereka yang tidak.

2.Cokelat hitam mengandung antioksidan yang disebut theobromine, yang dapat membantu meningkatkan sistem kekebalan dengan melindungi sel-sel tubuh dari radikal bebas.

Radikal bebas adalah molekul yang diproduksi tubuh saat memecah makanan atau bersentuhan dengan polutan. Radikal bebas dapat merusak sel-sel tubuh dan dapat menyebabkan penyakit.

Terlepas dari potensi manfaatnya, cokelat hitam mengandung kalori dan lemak jenuh yang tinggi, jadi penting untuk memakannya dalam jumlah sedang.

sumber gambar youtube Teluginti Vanta

3.Kunyit merupakan bumbu kuning yang banyak digunakan orang dalam masakan. Itu juga hadir dalam beberapa obat alternatif. Mengkonsumsi kunyit dapat meningkatkan respon imun seseorang. Ini karena kualitas kurkumin, senyawa dalam kunyit. Menurut ulasan tahun 2017, kurkumin memiliki efek antioksidan dan anti-inflamasi.

sumber gambar youtube Terry Films

4.Ikan berminyak seperti salmon, tuna, pilchards, dan ikan berminyak lainnya adalah sumber yang kaya asam lemak omega-3. Menurut laporan tahun 2014, asupan asam lemak omega-3 jangka panjang dapat mengurangi risiko rheumatoid arthritis (RA). RA adalah kondisi autoimun kronis yang terjadi ketika sistem kekebalan secara keliru menyerang bagian tubuh yang sehat.

5.Brokoli adalah sumber vitamin C. Brokoli juga mengandung antioksidan kuat, seperti sulforaphane. Untuk alasan ini, sayuran ini adalah pilihan yang baik untuk dimakan secara teratur untuk mendukung kesehatan sistem kekebalan tubuh.

6.Ubi jalar kaya akan beta karoten, sejenis antioksidan yang memberi warna oranye pada kulit kentang. Beta karoten adalah sumber vitamin A. Ini membantu membuat kulit sehat dan bahkan memberikan perlindungan terhadap kerusakan kulit akibat sinar ultraviolet (UV).

7.Bayam dapat meningkatkan sistem kekebalan tubuh, karena mengandung banyak nutrisi dan antioksidan penting, termasuk: flavonoid, karotenoid, vitamin C, vitamin E. Vitamin C dan E dapat membantu mendukung sistem kekebalan tubuh. Penelitian juga menunjukkan bahwa flavonoid dapat membantu mencegah flu biasa pada orang sehat.

8.Jahe. Orang menggunakan jahe dalam berbagai hidangan dan makanan penutup, serta teh. Jahe memiliki sifat anti-inflamasi dan antioksidan dan kemungkinan menawarkan manfaat kesehatan. Namun, penelitian lebih lanjut diperlukan untuk memastikan apakah itu dapat secara efektif mencegah penyakit atau tidak.

sumber gambar medicalnewstoday

9.Bawang putih adalah obat rumahan umum untuk pencegahan pilek dan penyakit lainnya.

10.Teh hijau hanya mengandung sedikit kafein, sehingga orang bisa menikmatinya sebagai alternatif teh hitam atau kopi. Meminumnya juga dapat memperkuat sistem kekebalan tubuh. Seperti halnya blueberry, teh hijau mengandung flavonoid yang dapat mengurangi risiko masuk angin.***dian

Comments

comments