13 dari 63 Cakada Positif COVID-19 Sembuh

Acuantoday.com, Jakarta- Jumlah bakal calon kepala dan wakil kepala daerah (cakada) sembuh dari virus corona (COVID-19) makin meningkat. Dari 63 cakada yang tercatat positif COVID-19, 13 diantaranya dinyatakan sembuh.

Laporan berdasarkan data yang dikeluarkan Komisi Pemilihan Umum (KPU) hingga Selasa sore (22/9/2020). Dengan demikian, masih ada 50 orang paslon cakada yang harus menjalani isolasi mandiri hingga dinyatakan negatif untuk bisa melanjutkan tahapan Pilkada berikutnya.

Komisioner KPU Ilham Saputra menjelaskan, paslon yang sudah sembuh dan negatif virus corona berhak mengikuti pengundian penentuan nomor urut pada 23-24 September, sesuai aturan yang tertera dalam Peraturan KPU (PKPU) Nomor 10 Tahun 2020.

“Ya, yang sembuh atau negatif pasti lanjut ke tahap pengundian nomor urut sesuai jadwal dalam aturan berlaku,” katanya saat dikonfirmasi.

Dalam peraturan itu disebutkan bila dalam suatu daerah terdapat dua paslon dan satu di antaranya positif corona, maka nomor urut paslon bersangkutan mengikuti nomor urut berikutnya setelah nomor urut paslon (negatif corona) yang sudah ditetapkan sesuai dengan jadwal dan tahapan berlaku.

Dalam kasus berbeda, misalnya terdapat lebih tiga paslon dan dua di antaranya negatif atau sembuh dari corona sesuai jadwal, maka keduanya bakal melakukan pengundian nomor urut, sedang satu lagi mendapat nomor urut sisa.

Untuk diketahui, 63 bacalon terkonfirmasi positif COVID-19 merupakan bagian dari total 1.470 bacalon yang mendaftar ke KPU setempat pada 4-6 September lalu.

Berikut daftar 13 bakal calon kepala daerah maupun wakil kepala daerah yang masih positif virus corona:

Jawa Timur

1. Bakal Calon Wakil Kepala Daerah Sidoarjo

2. Bakal Calon Kepala Daerah Kota Surabaya

3. Bakal Calon Kepala Daerah Malang

Riau

4. Bakal Calon Wakil Kepala Daerah Kepulauan Meranti

Sumatera Utara

5. Bakal Calon Wakil Kepala Daerah Kota Sibolga

6. Bakal Calon Kepala Daerah Serdang Bedagai

Kalimantan Timur

7. Bakal Calon Kepala Daerah Berau

Kalimantan Utara

8. Bakal Calon Wakil Kepala Daerah Nunukan

Sulawesi Utara

9. Bakal Calon Kepala Daerah Bolaang Mongondow Selatan

10. Bakal Calon Wakil Kepala Daerah Bolaang Mongondow Selatan

Papua

11.Bakal Calon Kepala Daerah Yahukimo

Papua

12. Barat Bakal Calon Kepala Daerah Sorong Selatan

13. Bakal Calon Kepala Daerah Manokwari Selatan.(rwo/har)

Comments

comments