17 Provinsi Nihil Kasus Kematian COVID-19

Petugas sedang memakamkan jenazah secara protokol COVID-19 di Tempat Pemakaman Umum (TPU) Pondok Ranggon, Jakarta Timur./Foto : Antara

Acuantoday.com, Jakarta- Kementerian Kesehatan RI melaporkan terdapat 17 provinsi yang tidak mengalami penambahan kasus kematian akibat virus corona (COVID-19) pada Selasa (17/11).

Ke-17 provinsi yang tercatat tidak mengalami tambahan kasus meninggal dunia yaitu Kalimantan Timur, Sulawesi Utara, Kalimantan Barat, Nusa Tenggara Timur.

Berikutnya Lampung, Maluku Utara, Maluku, Sulawesi Tenggara, Bangka Belitung, Kalimantan Utara, Papua, Sulawesi Barat, Nusa Tenggara Barat, Bali, Papua Barat, Banten dan Gorontalo.

Sementara itu, penambahan kasus COVID-19 hari ini tercatat sebanyak 3.807 kasus positif terinfeksi virus corona. Penambahan sebanyak itu berdasarkan pemeriksaan 39.722 spesimen yang diperiksa dalam 24 jam terakhir.

Pemeriksaan spesimen tersebut dilakukan dengan menggunakan metode polymerase chain reaction (PCR) dan tes cepat molekuler (TCM).

Hingga saat ini total kasus positif COVID-19 di tanah sebanyak 474.455 kasus. Dari total jumlah itu, sebanyak 60,426 atau 12,7% nya merupakan pasien dengan kasus aktif yaitu dalam intensif perawatan di rumah sakit.

Di sisi lain, penambahan jumlah terkonfirmasi positif diikuti penambahan pasien sembuh yang selama 24 jam terakhir mengalami penambahan sebanyak 3.193 pasien sembuh. Dengan demikian jumlah total pasien sembuh sebanyak 395.443 orang selama 24 jam terakhir.

Dengan demikian berdasarkan jumlah tersebut, secara persentase tingkat kesembuhan COVID-19 dalam penanganan COVID-19 mencapai 84.0% dibandingkan dengan kasus baru terkonfirmasi positif terpapar virus corona.

Pasien yang dinyatakan sembuh setelah dua kali melakukan pemeriksaan metode polymerase chain reaction (PCR) swab tes dan telah dinyatakan petugas kesehatan negatif virus corona.

Kendati demikian, penambahan jumlah pasien sembuh masih diikuti kabar duka karena masih terdapat pasien meninggal dunia yang secara nasional tercatat sebanyak 97 kasus pasien meninggal dunia di tanah air sehingga totalnya hingga saat ini telah mencapai 15.393 pasien meninggal dunia karena COVID-19.

Penyebaran kasus COVID di tanah air sudah merambah di 502 dari 514 kabupaten/kota yang ada dan telah menyebar di 34 provinsi yang di Indonesia.(har)

Comments

comments