Warga Miskin Yang Belum Terima Bansos Diminta Lapor ke RT

Kepala Dinas Sosial Sulawesi Tengah Ridwan Mumu (kiri )saat menyerahkan bantuan beras kepada penerima manfaat PKH pada 2020./Foto:Antara/ Anas Masa

Acuantoday.com, Palu – Sampai saat ini masih banyak warga miskin di Sulawesi Tengah yang belum mendapat bantuan sosial dari pemerintah karena tidak masuk dalam data terpadu kesejahteraan sosial (DTKS).

Kepala Dinas Sosial Provinsi Sulawesi Tengah, Ridwan Mumu, minta mereka melapor ke ketua rukun tetangga (RT) agar diajukan sebagai penerima bantuan.

“Peran ketua RT sangat dibutuhkan,” kata Ridwan, Rabu (6/1).

Ia menuturkan, Ketua RT mesti mendata warga miskin yang belum mendapat bantuan sosial dan  mengusulkan mereka menjadi calon penerima bantuan.

“Warga yang layak (menerima bantuan pemerintah) tetapi selama ini belum masuk dalam data tersebut akan dimasukkan sehingga mereka bisa menerima bantuan sosial yang dialokasikan pemerintah pusat,” kata Ridwan.

Ia menjelaskan bahwa menurut DTKS jumlah penerima bantuan sosial di Sulawesi Tengah pada tahun 2021 sebanyak 314.263 keluarga.

Selama ini Pemerintah menjalankan beberapa program bantuan sosial.

Selain bantuan dana dalam Program Keluarga Harapan (PKH), ada bantuan sembako dengan nilai Rp200 ribu per bulan per keluarga yang akan disalurkan Januari sampai Desember 2021 serta bantuan sosial tunai senilai Rp300 ribu per bulan per keluarga yang akan disalurkan Januari sampai April 2021.

Di Sulawesi Tengah, penerima manfaat PKH tercatat sekitar 150 ribu keluarga, penerima bantuan sembako sebanyak 221.942 keluarga, dan penerima bantuan sosial tunai sebanyak 120.008 keluarga. (Wira/Ant)

Comments

comments