Resmi, Presiden Ajukan Listyo Sigit untuk Calon Kapolri

Ketua DPR RI Puan Maharani./Foto: Istimewa

Acuantoday.com, Jakarta―Ketua DPR RI Puan Maharani mengakui pihaknya telah menerima Surat Presiden (Surpres) terkait nama calon Kapolri pengganti Jenderal Pol. Idham Azis, Rabu (13/1). 

Dikatakan Puan, Jokowi hanya mengirim satu nama tunggal ke DPR yakni Komjen Pol. Listyo Sigit Prabowo. 

“Bapak Presiden menyampaikan usulan nama pejabat Kapolri yang akan datang, dengan nama tunggal Komjen Pol. Listyo Sigit Prabowo yang saat ini menjabat Kabareskrim Polri,” kata Puan dalam konferensi pers di Gedung DPR RI, Rabu (13/1).

Dijelaskan Puan, setelah nama calon Kapolri diterima, DPR selanjutnya akan melakukan fit and proper test atau uji kelayakan dan kepatutan selama 20 hari masa kerja, untuk mengetahui diterima atau ditolak oleh DPR.

“DPR akan menjalankan proses tersebut sesuai UU yang berlaku selama 20 hari ke depan, dan kita akan mengetahui apakah Kapolri yang baru usulan Presiden akan mendapatkan persetujuan dari DPR,” jelasnya.

Diketahui, sebelumnya Kompolnas telah mengusulkan lima nama Calon Kapolri pengganti Jenderal Pol. Idham Azis ke Presiden, dan kemudian Presiden hanya mengusulkan satu nama tunggal ke DPR, yakni Komjen Pol. Listyo Sigit Prabowo yang saat ini menjabat Kepala Bareskrim Polri. (rht)

Comments

comments