Pengakuan Menkes Usai Divaksin

Menteri Kesehatan Budi Gunadi Sadikin saat saat menggelar rapat kerja dengan Komisi IX DPR RI, Rabu (13/1)./Foto: Acuantoday.com (Rahmat)

Acuantoday.com, Jakarta―Presiden Joko Widodo, Menteri Kesehatan (Menkes) Budi Gunadi Sadikin dan beberapa pihak lainnya telah menjalani vaksinasi hari ini, Rabu (13/1) di Istana Kepresidenan, Jalan Medan Merdeka Jakarta Pusat. 

Usai menjalani vaksinasi bersama Presiden Jokowi, Menkes Budi mengakui ada efek samping usai divaksin. Namun, efek samping tidak sampai pada tingkat demam, hanya merasa ngantuk. 

“Tadi ada minum kopi jadi dilepas (masker-red), kurang tidur tadi udah divaksin jadi nambah ngantuk, demam tidak,” kata Menkes Budi saat menggelar rapat kerja dengan Komisi IX DPR RI, Rabu (13/1).

Dikatakan Menkes, pengaruh efek samping dari vaksinasi ini juga tidak merata kepada manusia, seperti kepada perempuan dan laki-laki. 

“Tadi Ibu Neti juga udah divaksin, tapi gak ada pengaruh, vaksinnya beda dampak ke laki-laki dan dampak ke perempuan,” ujarnya. 

Meski begitu, mantan Wakil Menteri BUMN ini berharap masyarakat tidak berasumsi bahwa dengan vaksinasi ini, maka penyebaran Covid-19 berakhir tetapi harus diwaspadai dengan menjaga kesehatan. 

“Artinya vaksinasi ini bukan ujung dari Covid, kita tetap menjaga kesehatan dan memakai masker ya bapak ibu,” harapnya. 

Diketahui, hari ini Pemerintah mulai melakukan vaksinasi kepada masyarakat Indonesia yang diawali dilakukan vaksinasi kepada Presiden Jokowi, Menteri Kesehatan Budi Gunadi Sadikin, Menteri BUMN Erick Thohir, Kapolri Jenderal Pol. Idham Azis, Panglima TNI Marsekal Hadi Tjahjanto, Ketua Satgas Covid-19, Kepala BPOM dan lainnya. (rht)

Comments

comments