Selama PPKM, Wisata Bantul Anjlok 50 Persen

Pantai Parang Tritis tetap menjadi primadona wisata meskipun masa pandemi Covid-19./Foto: Acuantoday.com (chaidir)

Acuantoday.com, Yogyakarta―Selama dilaksanakannya kebijakan pemberlakuan pembatasan kegiatan masyarakat (PPKM), jumlah wisatawan di Bantul anjlok hingga 50 persen.

Menurut Sekretaris Dinas Pariwisata (Dispar) Bantul Annihayah, selama penerapan PPKM dari 11 hingga 17 Januari, total wisatawan yang datang ke Bantul tercatat 16.318 orang. 

Jumlah ini jauh dibandingkan jumlah wisatawan yang datang ke Bantul, dari 4 sampai 10 Januari 2021 yang mencapai 30.017 orang.

“Dengan kondisi itu, penurunan mencapai 50 persen. Karena berdasar data tersebut, perhari pengunjung hanya mencapai 5.000 pengunjung,” kata Annihayah, Senin (18/1).

Kepala Seksi Promosi dan Informasi Data Dispar Bantul Markus Purnomo Adi mengatakan, dengan adanya penurunan jumlah pengunjung tersebut maka pendapatan asli daerah (PAD) dari sektor pariwisata menurun mencapai Rp100 juta dibanding sebelum PPKM. 

Di mana saat PPKM, pihaknya mencatat meraih pendapatan senilai Rp158,42 juta.

“Jumlah ini menurun dibandingkan sepekan usai libur Tahun Baru yang mencapai Rp 291,1 juta,” ujarnya.

Atas kondisi ini, Annihayah menambahkan, pihaknya tidak bisa berbuat banyak. 

Sebab, usaha dari Dispar Bantul untuk melakukan promosi juga tidak mungkin dilakukan, menyusul penerapan PPKM hingga 25 Januari mendatang.

“Tidak ada pilihan lain, selain menunggu selesainya PPKM. Sejauh ini memang Pantai Parangtritis masih jadi primadona meskipun ada PPKM, di mana jumlah pengunjung bisa mencapai 1.000 orang,” ujar Annihayah. (Chaidir)

Comments

comments