Menag: Jamaah Haji Indonesia Berangkat 15 Juni Tahun Ini

Ilustrasi-Umat Islam sedang menjalankan ibadah haji./Foto: Freepik

Acuantoday.com, Jakarta―Menteri Agama (Menag) Yaqut Cholil Qoumas memastikan keberangkatan jamaah haji Indonesia di tahun 2021 berlangsung pada 15 Juni tahun ini. 

Meski begitu, kepastian tersebut masih menunggu konfirmasi Pemerintah Kerajaan Arab Saudi.

“Berdasarkan asumsi normal, perkiraan jadwal pemberangkatan jemaah haji tahun 2021 di kloter pertama akan diberangkatkan pada tanggal 15 Juni 2021,” kata Yaqut saat Raker dengan Komisi VIII DPR RI, Selasa (19/1).

Dijelaskan Yaqut, waktu keberangkatan jamaah haji Indonesia hanya tersisa lima bulan, dan waktu itu sangat sempit. Untuk itu, Yaqut mengajak semua pihak melakukan berbagai persiapan terkait keberangkatan jamaah haji Indonesia.

“Waktu yang tersisa untuk penyelenggaraan ibadah haji 1442 Hijriah hanya sekitar lima bulan. Mengingat ruang lingkup penyelenggaraan ibadah haji yang begitu luas, waktu yang tersisa dan sangat terbatas sehingga berbagai persiapan perlu dilakukan,” ucapnya.

Meski sudah memastikan keberangkatan jamaah haji 2021 pada 15 Juni nanti, tetapi keputusan tersebut ke depan bisa berubah mengingat saat ini hampir seluruh negara di belahan dunia, termasuk Indonesia dan Arab Saudi sedang dihantam pandemi Covid-19. 

Untuk itu, politisi Partai Kebangkitan Bangsa (PKB) ini mengakui akan dilakukan tiga opsi jika ada perubahan ke depan, yakni memberangkatkan kuota secara penuh, kuota terbatas dan tak ada pemberangkatan jamaah haji di 2021. 

“Mengingat saat ini wabah Covid-19, Kemenag membentuk tim manajemen krisis haji. Tadi pagi saya resmikan dalam rangka mempersiapkan rencana mitigasi penyelenggaraan ibadah haji tahun 2021,” pungkasnya. (rht)

Comments

comments