Usai Tolak Divaksin, Ribka Tjiptaning “Dilempar” ke Komisi VII

Ilustrasi - Gedung DPR Ri./Foto : Acuantoday.com

Acuantoday.com, Jakarta―Anggota Komisi IX DPR RI Ribka Tjiptaning menjadi salah satu dari lima kader Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDIP) yang dirotasi di DPR RI.

Rotasi Ribka bersama empat rekan sejawatnya itu, tertunda dalam surat Fraksi PDIP DPR RI Nomor 04/F-PDIP/DPR-RI/I/2021. Yang ditandatangani oleh Ketua Fraksi Utut Adianto dan Sekretaris Fraksi Bambang Wuryanto.

Ribka yang sebelumnya menduduki Komisi IX DPR RI yang membidangi kesehatan dipindahkan ke Komisi VII yang membidangi energi, riset dan tekonologi. 

Selain Ribka, ada nama Ihsan Yunus yang sebelumnya Wakil Ketua Komisi VIII menjadi Anggota Komisi II, Johan Budi Sapto Pribowo dari Anggota Komisi II menjadi Anggota Komisi III, Gilang Dhielafararez dari anggota Komisi VI menjadi Anggota Komisi III dan Marinus Gea dari Anggota Komisi III menjadi Anggota Komisi XI.

Saat dikonfirmasi wartawan, Ribka enggan menanggapi langkah Fraksi memindahkan dirinya dari Komisi IX karena menolak untuk di vaksin. ’’Tanya ke yang mindahin saya, pimpinan fraksi, jangan saya,’’ kata Ribka saat dihubungi wartawan, Selasa (19/1).

Diketahui, Ribka Tjibtaning akhir-akhir ini menjadi sorotan publik usai menolak di vaksin di depan Menteri Kesehatan Budi Gunadi Sadikin. Langkah Ribka menolak divaksin ini bertentangan dengan arah kebijakan partai dalam memerangi pandemi Covid-19.

’’Kalau persoalan vaksin, saya tetap tidak mau divaksin, kalau dapat sanksi Rp 5 juta mending saya bayar misalnya saya menjual mobil,’’ kata Ribka beberapa hari lalu. (rht)

Comments

comments