Puskesmas di Kota Bandung Siap Jadi Simpul Pencegahan Kasus Covid-19

Wakil Wali Kota Bandung Yana Mulyana saat diwawancarai awak media

Acuantoday.com, Bandung – Pemerintah Kota (Pemkot) Bandung menyatakan siap untuk mengikuti arahan Presiden Joko Widodo agar memfungsikan Puskesmas jadi simpul pencegahan kasus Covid-19.

Wakil Wali Kota Bandung Yana Mulyana mengatakan melalui program penguatan Puskesmas bisa mempercepat pencarian dan penelusuran kasus Covid-19 dengan metode 3T yaitu testing, tracing, treatment.

“Ini satu upaya yang baik. Kalau di level Puskesmas mudah-mudahan semakin mempercepat tracingnya. Begitu di test positif, langsung ditracing siapa yang kontak erat,” ujar Yana, Selasa (26/1).

Yana Mulyana berharap penguatan dari fungsi Puskesmas dapat mengurangi penyebaran Covid-19 termasuk di Kota Bandung. Selain itu, bisa membantu penanganan pasien Covid-19 bergejala.

“Sehingga tidak terjadi penumpukan lagi maupun antrean di rumah sakit rujukan. Terlebih saat ini bed occupancy rate (ketersediaan tempat tidur) di Rumah Sakit rata-rata diatas 80 persen,” ucapnya.

Di Kota Bandung, kata Yana, keterisian tempat tidur di rumah sakit rujukan Covid-19 kini sudah mencapai 75 persen. Meski terlihat menurun, dia meminta masyarakat harus tetap waspada.

“Kewaspadaan penting mengingat kasus positif aktif di Kota Bandung kini semakin bertambah setiap harinya. Ingat tetaplah melaksanakan protokol kesehatan dengan ketat, berprilaku hidup bersih,” imbaunya.

Yana mengaku segera berkoordinasi dengan Dinas Kesehatan (Dinkes) Kota Bandung untuk segera menindaklanjuti program penguatan Puskesmas seiring arahan dari Presiden Joko Widodo itu.

“Kita diskusikan karena ada sekitar 100 Puskesmas akan diperkuat namun itu berada di 12 kabupaten/kota di Jabar dan akan dibiayai Pemprov. Kota Bandung nanti akan kebagian berapa,” tandasnya.(dila)

Comments

comments