Dilantik Sebagai Kapolri, Ini Janji Listyo Sigit Prabowo 

Komjen Polisi Listyo Sigit Prabowo disaksikan Presiden Joko Widodo menandatangani berita acara pelantikan, di Istana Negara, Jakarta, Rabu (27/1) pagi./Foto:Antara/ Humas Sekretariat Kabinet

Acuantoday.com, Jakarta –  Institusi kepolisian ke depan akan menjadi sosok penegak hukum yang tegas namun tetap humanis. Selain itu Polisi akan memberikan pelayanan terbaik kepada masyarakat.

Kapolri Jenderal Polisi Listyo Sigit Prabowo  menegaskan hal itu tak lama setelah dilantik oleh Presiden Joko Widodo di Istana Negara, Rabu pagi (27/1).

“Bagaimana kita memberikan pelayanan secara transparan dan bagaimana memberikan penegakan hukum yang berkeadilan, ini jadi komitmen kami bagaimana harapan masyarakat terhadap Polri betul-betul bisa kami tindak lanjuti,” ujar lulusan Akpol 1991 itu.

Listyo juga mengatakan diirnya akan menerapkan transformasi di empat bidang dan rencana aksi di 16 program kegiatan seperti halnya janjinya yang sudah dia paparkan saat uji kelayakan dan kepatutan di DPR pada 20 Januari 2021 lalu.

Mantan Kepala Badan Reserse Kriminal (Bareskrim) Polri ini menyadari tantangan di depan mata tidak akan mudah karena Polri juga harus membantu pemerintah adalah mengatasi pandemi COVID-19. Salah satu upaya yang akan dilakukan Polri adalah memastikan penegakan protokol kesehatan di kehidupan bermasyarakat.

“Karena keselamatan masyarakat adalah hukum tertinggi dan bagiamana Polri membantu mengawal pertumbuhan ekonomi nasional dan ekonomi tumbuh itu terlaksana bila stablitas keamanan, ketertiban masyarakat, bisa terjaga dengan baik,” ujar dia.

Presiden Jokowi pada Rabu ini melantik Listyo Sigit Prabowo sebagai Kapolri di Istana Negara, Jakarta Pusat, Rabu (27/1), menggantikan Jenderal Polisi Idham Azis yang telah memasuki masa pensiun.

Listyo juga menjalani upacara kenaikan pangkat menjadi jenderal bintang empat. Presiden Jokowi menyematkan langsung pangkat jenderal serta menyerahkan tongkat komando Kapolri ke Listyo. (Bram/Antara)

Comments

comments