Polisi Tangkap Pemalsu Surat “Tes Cepat” COVUID 19

Dirreskrimum Polda NTB Kombes Pol Hari Brata (kanan) didampingi Kabid Humas Polda NTB Kombes Pol Artanto dalam konferensi pers kasus pemalsuan surat tes cepat antigen di Mapolda NTB, Jumat (29/1).Foto: Antara/ HO-Polda NTB

 Acuantoday.com, Mataram – Pria tersangka pemalsu surat “tes cepat” COVID 19 di Kota Mataram, Nusa Tenggara Barat (NTB) dibekuk polisi.

“Pelaku membuat surat tes cepat yang hasilnya negatif, seolah-olah surat tersebut dikeluarkan oleh sebuah laboratorium klinik. Padahal surat itu dibuat oleh pelaku di rumahnya dengan menggunakan seperangkat komputer,” kata Dirreskrimum Polda NTB Kombes Pol Hari Brata, Jumat(29/1).

Polisi mengamankan alat bukti berupa seperangkat komputer lengkap dengan monitornya, mesin cetak, stempel, tiga unit telepon genggam, dan uang tunai Rp1,5 juta yang diduga didapatkan dari pemesan surat tes cepat antigen.

Kepada penyidik, pelaku , berinisial EZ, mengaku membuat surat tes cepat antigen itu dengan menggunakan blangko asli yang sebelumnya telah dikeluarkan oleh salah satu laboratorium klinik. Pelaku mengaku blangko asli surat tes cepat antigen itu sebelumnya adalah milik rekannya.

“Surat itu kemudian dia cetak ulang dan gunakan untuk membuat surat tes cepat antigen yang baru,” kata Hari Brata.

Kini EZ ditahan,. Ia dijerat Pasal 263 KUHP tentang Tindak Pidana Pemalsuan Surat yang ancaman hukumannya paling lama enam tahun penjara. (Bram/Antara)

Comments

comments