Pemkot Bandung Siapkan Dana Rp4 Miliar untuk Pengurusan Jenazah

Sekretaris Daerah Kota Bandung Ema Sumarna./Foto: Acuantoday.com (dila)

Acuantoday.com, Bandung―Pemerintah Kota (Pemkot) Bandung mengalokasikan dana sekitar Rp4 Miliar untuk membiayai proses pengurusan jenazah Covid-19.

Dana tersebut tak hanya untuk mendanai pemulasaran, namun juga disiapkan bagi para tenaga pemikul jenazah yang saat ini dijadikan Pekerja Harian Lepas (PHL) oleh Dinas Tata Ruang (Distaru) di TPU Cikadut.

Sekretaris Daerah Kota Bandung Ema Sumarna yang juga Ketua Satuan Tugas Penanganan Covid-19 menyebut, alokasi dana tersebut didapat setelah berdiskusi dengan BPKA dan Distaru Kota Bandung.
Anggaran Rp4 miliar itu merupakan dana operasional selama 11 bulan ke depan.

“Di mulai dari Februari sampai Desember 2021. Tapi itu belum ada garansi berlanjut selama masa pandemi Covid-19,” katanya, Rabu (3/2).

Lebih lanjut, Ema mengatakan, jika bukan dalam keadaan pandemi Covid-19 saat ini normalnya pihak yang menggotong atau yang memikul jenazah ke liang lahat dilakukan keluarga atau orang terdekat.

“Tapi kalau penanganan saat ini untuk pengurusan jenazah di masa pandemi harus melalui protokol kesehatan. Maka dari itu bagaimana pun harus diakomodir pemulasaran oleh pemerintah,” ucapnya.

Ema pun berharap dengan adanya dana yang disiapkan Pemkot Bandung tidak ada lagi persoalan mengenai penanganan jenazah Covid-19 ke depannya termasuk soal jasa pemikul yang jadi berpolemik.

“Insyaallah tidak ada lagi persoalan masalah penanganan jenazah Covid untuk pemakaman. Karena memang jaraknya cukup jauh sekitar 200-300 meter ke lokasi penguburan,” kata Ema melanjutkan.

Ema Sumarna menambahkan untuk antisipasi permasalahan lahan dalam pengurusan jenazah di pemakaman khususnya di TPU Cikadut saat ini tersisa 4.782 liang lahat untuk jenazah Covid-19.

“Kalau berbicara lahan, sebenarnya sangat luas. Walau pun itu sangat tak diharapkan atau mudah-mudahan tidak digunakan. Sekali lagi, ini untuk antisipasi ada 4.782 liang lahat jenazah Covid-19,” bebernya. (dila)

Comments

comments