Kota Bandung Jadi Daerah di Jabar dengan Kepatuhan Tinggi

Sekretaris Satgas Penanganan Covid-19 Kota Bandung yang juga Kepala Dinas Kebakaran dan Penanggulangan Bencana Dadang Iriana./Foto: Acuantoday.com (dila)

Acuantoday.com, Bandung―Dari total 27 Kota/Kabupaten yang ada diwilayah Jawa Barat, Kota Bandung menjadi salah satu daerah yang memiliki tingkat kepatuhan tinggi dalam penggunaan masker.

Tercatat, kepatuhan masyarakat di Kota Bandung dalam penggunaan masker tak pernah kurang dari 90 persen selama tiga pekan terakhir dari periode 11-17 Januari, 18- 24 Januari, dan 25-31Januari 2021.

Kendati mempunyai nilai tinggi dalam hal kepatuhan bermasker, tapi Kota Bandung, sesuai evaluasi dari Pemprov Jawa Barat meraih nilai sedang soal kepatuhan jaga jarak dan juga menghindari kerumunan.

Sekretaris Satgas Penanganan Covid-19 Kota Bandung Dadang Iriana menyebut, salah satu kunci penting untuk menjaga kedisiplinan masyarakat dalam memakai masker adalah masif soal mengedukasi.

Dadang bersyukur Kota Bandung diberi nilai tinggi soal kepatuhan bermasker seiring pengawasan di pusat aktifitas dan potensi keramaian juga dilakukan secara konsisten oleh jajaran Satgas Covid-19.

“Pengawasan dan pengendalian di tempat umum sudah berjalan. Kemudian juga pengawasan di tempat-tempat hiburan oleh tim gugus tugas,” ucap Dadang Iriana dalam keterangannya, Kamis (4/2).

Dadang menuturkan untuk menanamkan kepatuhan protokol kesehatan tersebut tak hanya cukup oleh Satgas di tingkat kota, tetapi juga harus dikoordinasikan hingga ke jajaran di level kewilayahan.

Dengan begitu, kata dia, implementasi pelaksanaan protokol kesehatan oleh masyarakat dijalankan secara disiplin. Dengan catatan, Satgas Covid-19 tidak pernah kendor terus mengedukasi.

“Tim PPKM Kota Bandung bersama Satgasus di kecamatan melakukan pengawasan, pengendalian,” kata Dadang yang juga Kepala Dinas Kebakaran dan Penanggulangan Bencana Kota Bandung.

Sedangkan untuk nilai kepatuhan dalam menjaga jarak dan juga menghindari kerumunan yang belum optimal, Dadang Iriana tak memungkiri bila mendisiplinkan soal itu memiliki tantangan tersendiri.

Lantaran Kota Bandung, lanjut Dadang, merupakan pusat aktivitas di kawasan Bandung Raya. Meski begitu, Dadang mengungkapkan Satgas Penanganan Covid-19 tidak lantas angkat tangan.

“Ya kami akan berupaya menegakkan disiplin dalam hal jaga jarak dan juga agar masyarakat menghindari kerumunan dengan menyisir tempat yang berpotensi menciptakan kerumunan,” tegasnya.(dila)

Comments

comments