Dua Stasiun KA di Semarang Diterjang Banjir, Layanan Dialihkan

Stasiun Tawang, Semarang yang lumpuh total akibat genangan banjir. Foto: Humas DAOP IV/Foto: Acuantoday.com (alvin)

Acuantoday.com, Semarang―Banjir yang melanda Kota Semarang akibat hujan deras sejak Jumat (5/2) hingga Sabtu (6/2) menyebabkan beberapa fasilitas publik lumpuh.

Selain Bandara Internasional Jenderal Ahmad Yani yang penerbangannya terganggu akibat runway terendam air, fasilitas publik lainnya yakni Stasiun Tawang dan Stasiun Poncol, Semarang juga tak bisa beraktifitas pada akhir pekan kali ini. 

“Stasiun Tawang, Poncol dan jalur KA Koridor Batang hingga Semarang banjir. Curah hujan sejak kemarin malam tak kunjung reda dan mengakibatkan Stasiun Tawang, Poncol dan Jalur KA lintas Utara sebagian terendam air,” kata Krisbiyantoro selaku Humas Daerah Operasi (Daop) IV Kereta Api Indonesia, Krisbiyantoro melalui siaran pers secara resmi. 

Dari keterangannya Krisbiyantoro, ada perbedaan genangan air di Stasiun Tawang dan Stasiun Poncol. 

Stasiun Tawang yang terletak di depan Polder Tawang terkena dampak banjir lebih parah daripada Stasiun Poncol.

“Stasiun Tawang seluruhnya terendam banjir hingga ke jalan raya depan stasiun. Kedalaman air di hall stasiun Tawang mencapai 70 cm, mengakibatkan fasilitas penumpang juga mengalami gangguan. Untuk Stasiun Poncol hanya halaman parkir depannya saja,” tandas Krisbiyantoro. 

Dengan kondisi seperti itu, PT. Kereta Api Indonesia terpaksa mengalihkan beberapa perjalanan kereta ke arah selatan seperti  KA Argo Bromo Anggrek dari Stasiun Gambringan dialihkan rute perjalanannya melalui lintas Selatan lewat Solo – Yogya – Purwokerto – Cirebon.

Tak hanya itu, PT. KAI juga menyiapkan beberapa modal transportasi alternatif karena aktifitas kereta api di sekitar Semarang lumpuh total. 

“Upaya menekan kelambatan dan tetap melayani para pelanggan KA , kami PT KAI Daop 4 Semarang mengalihkan rute atau mengalihkan ke moda lain,” ujar Krisbiyantoro. 

Pelanggan KA Harina, kata dia, selain mendapatkan Service Recovery, dialihkan dengan moda Bus dari Stasiun Poncol menuju ke Stasiun Brumbung dengan jarak 17 km untuk selanjutnya diangkut dengan rangkaian yang telah disiapkan eks rangkaian KA Maharani.

Sedangkan pelanggan KA Maharani untuk menuju ke Semarang diangkut dengan Bus.

Pelanggan KA Joglosemarkerto dari Stasiun Alastua diangkut dengan minibus menuju Stasiun Poncol.

Atas kejadian tersebut PT KAI Daop IV Semarang juga menyampaikan permahononan maaf kepada penumpang modal transportasi kereta api di wilayah Kota Semarang. (alvin)

Comments

comments