Kasus Korupsi Bansos Mandek, MAKI Gugat Praperadilan  KPK

Acuantoday.com, Jakarta―Masyarakat Anti Korupsi Indonesia (MAKI) menggugat praperadilan Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) ke Pengadilan Negeri Jakarta Selatan.

Alasannya, MAKI menilai kasus korupsi bantuan sosial (Bansos) dengan tersangka eks Menteri Sosial RI Juliari Peter Batubara mandek.

“Hari ini, MAKI telah melakukan pendaftaran gugatan praperadilan melawan KPK atas terlantarnya penanganan perkara korupsi bansos sembako kemensos,” kata Koordinator MAKI Boyamin Saiman di Jakarta, Jumat (19/2).

Boyamin menjelaskan, gugatan dilakukan karena KPK tidak mengeksekusi 20 izin penggeledahan yang dikabulkan Dewas Pengawas (Dewas) terkait perkara yang menyeret kader PDIP tersebut. 

Gugatan permohonan itu, ucap Boyamin, juga karena KPK tidak kunjung melakukan pemanggilan terhadap politikus PDIP Ihsan Yunus, sehingga penyidik KPK terkesan tidak berani dan profesional.

“Penyidik telah melakukan serangkaian kegiatan terkait Ihsan Yunus namun demikian hingga saat ini belum pernah diberitakan kegiatan pemanggilan dan pemeriksaan sebagai saksi sehingga patut diduga KPK tidak profesional,” ujarnya.

Gara-gara penyidik KPK tidak melakukan penggeledahan padahal sudah mendapat izin, jelas Boyamin, berkas perkara yang menjerat eks Menteri Sosial RI, Juliari Peter Batubara tidak bisa dilimpahkan ke pengadilan Tipikor.

“Sehingga, belum dapat dilimpahkan berkas perkara untuk segera disidangkan,” pungkasnya. (mmu)

Comments

comments