Respon Cepat, Doni Monardo Perintahkan Restoran Bungkus Makanan Siap Saji untuk Korban Banjir

Kepala Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) Doni Monardo melakukan peninjauan di lokasi jebolnya tanggul Sungai Citarum dan sejumlah titik terdampak banjir lainnya di wilayah Jawa Barat./Foto: Istimewa

Acuantoday.com, Kerawang―Kepala Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) Doni Monardo mengoordinasikan sejumlah rumah makan dan kafe di Jakarta untuk memasok makanan siap saji kepada korban banjir di Bekasi dan Karawang, Jawa Barat.

”Kita sudah minta restoran dan kafe-kafe di sekitar Halim untuk menyiapkan logistik, makanan siap saji. Helikopter pertama sudah diturunkan ke lapangan,” kata Doni dalam keterangannya, Senin (22/2).

Selain sudah menyiapkan logistik siap konsumsi, Ketua Satuan Tugas (Satgas) Penanganan Covid-19 itu menjelaskan, BNPB juga menyiapkan pertolongan bagi mereka yang sakit dengan menyiagakan armada helikopter agar lebih cepat tanggap.

”Kita prioritaskan juga evakuasi mereka yang memiliki gangguan kesehatan. Jadi masyarakat yang kiranya membutuhkan bantuan operasi, untuk segera mencari helipad yang relatif lebih aman agar bisa kita tolong dari lokasi,” ujarnya.

Di tempat sama, Menteri Koordinator Bidang Pembangunan Manusia dan Kebudayaan Indonesia Muhajir Effendy, yang baru saja meninjau lokasi banjir bersama Kepala BNPB Doni Monardo dan Menteri PUPR Basuki Hadimujono menambahkan, pihaknya sudah tahu seberapa parah dampak banjir berkat pantauan udara.

”Pagi tadi saya bersama Menteri PUPR dan juga Pak Kepala BNPB, melihat langsung dari atas banjir di beberapa wilayah, terutama Karawang dan Bekasi. Dari beberapa pandangan itu kita sudah dapat beberapa kesimpulan yang bisa dijadikan dasar untuk membuat kebijakan yang lebih komprehensif,” tambahnya. (mmu)

Comments

comments