3 Pelaku Curanmor di Ibukota Ditangkap, Satu Ditembak

Ilustrasi - Spesialis Pencurian Kendaraan Bermotor (curanmor). (Foto : Antara)

Acuantoday.com, Jakarta – Polisi berhasil meringkus 3 pelaku pencurian sepeda motor (curanmor) di Jalan Kamal Raya, Kalideres, Jakarta Barat. Mereka disinyalir kerap beraksi di sekitaran Jakarta Timur dan Barat.

Ketiganya adalah RP (26), MS (40), dan W (24). Namun, polisi mesti menembak RP karena melawan petugas saat proses penangkapan. Timah panas polisi membuatnya kini terkapar di rumah sakit menjalani perawatan.

“Kami melakukan tindakan tegas dan terukur. Saat ini satu orang pelaku masih menjalani perawatan di RS Polri Kramat Jati, Jakarta Timur,” kata Kapolsek Kalideres Kompol Slamet Riyadi dalam keterangan tertulis, Minggu (6/12).

Slamet tak merinci lebih ihwal modus dan motif pelaku. Tapi yang jelas, penangkapan terjadi bermula saat polisi melakukan patroli di sekitar lokasi kejadian.

Saat itu, para pelaku tepergok tengah membobol salah satu motor. Merasa panik, pelaku pun langsung kabur, tapi polisi lebih sigap.

“Ketiga pelaku kepergok saat melancarkan aksinya dan oleh anggota sepeda motor pelaku ditabrak,” ujar Slamet.

Kepolisian masih mendalami kasus curanmor ini. Perlu diketahui aksi curanmor di ibu kota tengan marak belakangan ini. Polisi tercatat telah berhasil membongkar komplotan curanmor dalam sebulan terakhir.

Seperti penangkapan dua pelaku MJ (20) dan A (26) pada Kamis (5/11) lalu. Mereka diduga telah beraksi lebih dari 50 kali. Kepada polisi, pelaku mengaku mengaku bisa beroleh dua hingga tiga motor curian dalam sehari.

Biasanya, tempat sasaran curanmor di sekitaran kawasan padat orang seperti perumahan dan ruko. Tapi, mereka juga tak ragu untuk menggondol motor di dalam rumah warga.

Modus aksi para pelaku curanmor ini mula-mula mencari sepeda motor yang dianggap tak dikunci ganda atau kunci kemudi.

Saat dirasa kondisi kondusif, baru lah masing-masing memainkan perannya. MJ berperan sebagai pemetik dengan bekal kunci letter T, sementara A selaku joki yang membawa kabur motor. (rwo)

Comments

comments