Diduga Lakukan Pembunuhan Anggota FPI di Luar Hukum, Polri Periksa 3 Anggota

Rekonstruksi di titik pertama peristiwa penembakan enam anggota FPI./Foto:Antara

Acuantoday.com, Jakarta―Kabag Penum Divisi Humas Polri, Kombes Ahmad Ramadhan menegaskan, pihaknya sedang memproses dugaan tindak pembunuhan di luar hukum yang dilakukan anggota Polda Metro Jaya terhadap empat Laskar FPI yang sudah dalam kondisi tertangkap.

Pemeriksaan tiga polisi yang sudah jadi terlapor tersebut, ucap Ramadhan, sebagai tindak lanjut dari rekomendasi dan berdasar temuan Komnas HAM yang sebelumnya telah menggali fakta-fakta insiden Tol Jakarta-Cikampek Km 50.

“Saya ulangi lagi penjelasan tiga anggota sudah berstatus sebagai terlapor sebagai tindak lanjut dari rekomendasi Komnas HAM tersebut. Saat ini masih diproses,” kata Kombes Ahmad Ramadhan di Jakarta, Kamis (4/3).

Ketiga anggota kepolisian tersebut, beber Kombes Ahmad Ramadhan, bakal menjalani serangkaian pemeriksaan untuk menentukan tingkat pelanggaran yang dilakukan petugas yang kontak senjata dengan pengawal Rizieq Shihab tersebut.

“Tentunya untuk seperti yang ditanyakan tadi kalau anggota berstatus akan melalui mekanisme, melalui sidang etik, saat ini proses masih berjalan,” ujarnya.

Guna mengintensifkan pemeriksaan, terang Ramadhan, ketiga anggota polisi yang diperiksa itu untuk sementara dinonaktifkan dari penugasan sehari-hari.

“Sementara tiga anggota itu tidak melaksanakan tugas ya. Anggota diberhentikan itu harus melalui proses. Sementara ini masih dilakukan proses oleh Propam dan tentunya oleh Dittipidum,” pungkasnya. (mmu)

Comments

comments