Produk UMKM Kota Bandung Berpeluang Tembus Pasar Mancanegara

Wakil Wali Kota Bandung Yana Mulyana saat berdialog dengan Ketua Badan Kerja Sama Antar Parlemen (BKSAP) DPR RI Fadli Zon./Foto: Acuantoday.com (dila)

Acuantoday.com, Jakarta―Produk Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) asli Kota Bandung saat ini memiliki peluang tembus pasar mancanegara secara lebih luas.

Hal ini seiring rencana Badan Kerja Sama Antar Parlemen (BKSAP) DPR RI yang menjembatani kerja sama antarpemerintah kabupaten/kota dengan beberapa negara.

Wakil Wali Kota Bandung Yana Mulyana yang sempat berdialog secara langsung dengan Ketua BKSAP DPR RI Fadli Zon menyambut gembira dengan langkah itu.

Yana mengungkapkan, hadirnya BKSAP dalam menjembatani kerja sama dapat memudahkan Pemkot menjalin komunikasi serta bisnis dengan berbagai negara.

“Selama ini mekanisme untuk bisa menjalin kerja sama dengan negara lain relatif sulit. Semoga BKSAP bisa membantu dalam menjalin sister city,” tuturnya, Jumat (5/3).

Yana menerangkan, salah satu upaya yang bisa dilakukan Pemkot Bandung dengan adanya BKSAP adalah mendorong pemasaran produk-produk UMKM (Usaha Mikro Kecil dan Menengah) ke kancah internasional.

Menurut Yana, Pemkot terkadang punya keterbatasan melakukan kerja sama dengan pihak luar utamanya skala internasional. Bahkan, harus mencari jalur yang lain.

“Siapa tahu dengan BKSAP menjadi leluasa. Negara yang ada sister city itu rata-rata pemerintahan parlementer, dan lebih mudah lobinya dilakukan parlemen juga,” imbuhnya.

Meski sulit dalam hal kerja sama, Yana bersyukur selama ini Pemkot Bandung telah berhasil mengekspor produk-produk UMKM ke berbagai negara seperti Australia, Afrika, Selandia Baru, dan negara lain di Asia. (dila)

Comments

comments