Digitalisasi Bansos Bisa Diwujudkan dalam Waktu Dekat

Pendiri Indonesia Fintech Society (IFSoc) yang juga Tenaga Ahli Menteri Keuangan Bidang Jasa Keuangan, Mirza Adityaswara./Foto: Acuantoday.com (Ali)

Acuantoday.com, Jakarta—Pendiri Indonesia Fintech Society (IFSoc) yang juga Tenaga Ahli Menteri Keuangan Bidang Jasa Keuangan, Mirza Adityaswara menjelaskan, digitalisasi bantuan sosial (Bansos) sangat mungkin diwujudkan dalam waktu dekat, namun perlu penyatuan data secara menyeluruh agar kesalahan dapat dihilangkan.

”Soal bansos, harus memiliki basis data yang sama. Kita bisa gunakan data kependudukan dan Dukcapil. Kita menjadi cukup yakin merekomendasikan sistem ini, karena negara lain seperti Yordania sudah menerapkan,” kata Mirza dalam diskusi virtual yang diadakan Indonesia Fintech Society (IFSoc) berjudul ‘Digitalisasi Bansos untuk Meningkatkan Akuntabilitas dan Efektivitas Bansos’, Selasa (9/3).

Senada dengan Mirza, Ekonom CSIS Indonesia yang juga Anggota Steering Committee Indonesia Fintech Society (IFSoc), Yose Rizal Damuri mengungkapkan, nantinya sistem digital dengan platform yang sepenuhnya online bisa mengurai keruwetan data saat ini.

Sebab, ucap Yose Rizal, gara-gara data yang tidak padu, Kementerian Sosial RI punya banyak sekali rencana program, tapi bingung soal penyalurannya dan berapa banyak.

”Sistem online itu menentukan siapa yang akan menerima secara tepat, juga bisa digunakan menentukan program seperti apa yang akan dimajukan. Ini kan Kemensos banyak sekali program tapi bingung sendiri,” bebernya. (mmu)

Comments

comments