Marak Aksi anti-Asia di AS, DPR Apresiasi Respons Cepat Kemenlu

Gedung MPR/DPR./Foto: Istimewa

Acuantoday.com, Jakarta—Anggota Komisi I DPR RI TB Hasanuddin mengapresiasi langkah cepat Kementerian Luar Negeri (Kemenlu), lewat perwakilan di New York, terkait serangan terhadap warga keturunan Asia atau anti-Asia, yang belakangan ini marak terjadi di Amerika Serikat (AS).

Menurut TB Hasanuddin, langkah Kemenlu membuka posko siaga pengaduan di New York adalah satu langkah yang tepat, dan Warga Negara Indonesia (WNI) yang berada di Amerika tetap tenang dan tidak panik.

“Kami juga mengapresiasi langkah Kementerian Luar Negeri cq Perwakilan yang bergerak cepat, memberikan peringatan kepada seluruh WNI di sana dan sekalian membuka posko siaga pengaduan,” kata Tb Hasanuddin lewat keterangan tertulisnya, Jumat (12/3).

Politisi PDI Perjuangan ini menyarankan agar WNI yang ada di Amerika tetap mawas diri, dan jika ada hal-hal yang mencurigakan segera melapor ke KBRI.

“Saya berharap kepada seluruh WNI di AS untuk tetap tenang dan tidak panik, tapi kalau melihat gelagat yang mencurigakan segera lapor atau berkomunikasi dengan KBRI dan KBRI akan monitor terus 1x 24 jam,” ucapnya.

Dikatakan TB. Hasanuddin, tindakan diskriminasi di Amerika akhir-akhir ini terus meningkat, meski sudah ada pernyataan terkait aksi ini dari Pemerintah New York sejak awal bulan Maret 2021.

“Memang benar, karena seperti di sampaikan oleh Walkot New York DC pada tanggal 4 Maret, bahwa akhir-akhir ini tindakan diskriminasi terhadap warga Asia terus meningkat,” jelasnya.

Diketahui, pihak KJRI telah memberi imbauan agar WNI di New York meningkatkan kewaspadaan. Hal itu disampaikan KJRI New York dalam imbauan nomor 058/Kons/New York/III/2021 tertanggal 6 Maret 2021.

Pemerintah New York juga disebut telah membuka situs untuk pengaduan tindak diskriminasi rasial. (rht)

Comments

comments