Abaikan Surat OJK, Keponakan Eks Wapres JK Sadikin Aksa Jadi Tersangka

Mantan Direktur Utama PT Bosowa Corporindo, Sadikin Aksa. /Foto: Web

Acuantoday.com, Jakarta—Gara-gara mengabaikan surat Otoritas Jasa Keuangan (OJK) bernomor: SR-28/D.03/2020 tanggal 9 Juli 2020, Sadikin Aksa, eks Direktur Utama PT Bosowa Corporindo yang juga keponakan eks Wakil Presiden Jusuf Kalla jadi tersangka.

Kabag Penum Divisi Humas Polri, Kombes Ahmad Ramadhan menjelaskan, pihaknya sudah melayangkan surat panggilan kepada Sadikin Aksa tertanggal 15 Maret 2021.

“Penyidik telah melayangkan surat panggilan kepada yang bersangkutan sebagai tersangka untuk diambil keterangannya,” kata Ramadhan di Jakarta, Jumat (12/3).

Mantan Kapolres Palu Polda Sulteng itu menjelaskan, Sadikin Aksa akan diperiksa sebagai tersangka, sebab setelah menerima surat peringatan dari OJK, bukannya menyelamatkan perusahaan tapi malah mengundurkan diri diam-diam dari PT Bosowa Corporindo.

“Penyidik telah memberikan surat pemberitahuan kepada saudara SA bahwa statusnya saat ini sudah menjadi tersangka,” ujarnya.

Selain Sadikin Aksa, Polisi juga memeriksa 22 pihak yang berasal dari Otoritas Jasa Keuangan (OJK), Bank Bukopin, Bank KB Kookmin, Kopelindo, Tim Technical Assistance BRI, dan PT Bosowa Corporindo.

Sebagai informasi, kasus bermula saat PT Bank Bukopin ditetapkan sebagai bank dalam pengawasan intensif oleh OJK karena permasalahan tekanan likuiditas.

Sedangkan perusahaan Sadikin Aksa, PT Bosowa Corporindo, salah satu pemegang saham mayoritas di Bank Bukopin. Jika Bukopin runtuh, bakal mempengaruhi sistem keuangan nasional, maka perlu diselamatkan. (mmu)

Comments

comments