Kecelakaan Bus Pariwisata di Taiwan Tewaskan 6 Orang, 39 Luka

Bus pariwisata mengalami kecelakaan di ruas jalan yang menghubungkan Yilan dengan Hualien, Taiwan, pada 16 Maret 2021. /Foto: Antara

Acuantoday.com, Beijing―Kecelakaan bus pariwisata di Taiwan, Selasa (16/3) sore, menewaskan 6 penumpang dan melukai 39 lainnya.

Sejauh ini tidak ada laporan korban dari warga negara Indonesia.

Demikian dikutip Antara Beijing dari Kantor Dagang dan Ekonomi Indonesia (KDEI) di Taipei, Rabu (17/3).

Biro Pariwisata setempat mengungkapkan, bus tersebut mengangkut 45 penumpang dalam perjalanan dari Hualien, kota wisata di pesisir timur Taiwan.

Di tengah perjalanan, tepatnya di Suao, Kabupaten Yilan, bus tersebut menabrak tanggul sekitar pukul 16.35 waktu setempat (15.35 WIB).

Enam orang penumpangnya tewas di tempat kejadian, sedangkan sisanya mengalami luka-luka.

Bus tersebut salah satu dari tiga bus yang berkonvoi mengangkut 130 penumpang, semuanya warga Taiwan yang sedang berwisata pada 15-16 Maret, demikian Biro Pariwisata dikutip Kantor Berita Taiwan CNA.

Direktorat Jalan Raya Taiwan (DGH) belum mengetahui pasti faktor penyebab terjadinya kecelakaan tersebut.

Namun, dalam investigasi pendahuluan DGH didapat informasi bahwa bus tersebut diproduksi pada tahun 2018 dan telah lulus inspeksi keamanan pada Januari lalu.

Demikian halnya dengan pengemudi bus juga tidak memiliki catatan pelanggaran lalu lintas dan tidak pula bekerja melebihi jam yang telah ditentukan.

Sementara itu, di antara korban luka terdapat sembilan orang yang kondisinya kritis, sebagaimana laporan Xinhua.

Hualien merupakan kota wisata yang sangat terkenal di Taiwan. Selain pantai, Hualien juga memiliki taman nasional Taroko yang merupakan perbukitan berbatu yang dicatat sebagai salah satu geopark dunia.

Hualien juga menjadi salah satu objek wisata yang sering kali dikunjungi WNI di Taiwan setiap libur akhir pekan dan hari libur lainnya. (adi)

Comments

comments