Polisi Perpanjang Penahanan Pendiri Pasar Muamalah

Ilustrasi-Seseorang tengah diborgol./Foto: Istimewa

Acuantoday.com, Jakarta―Karo Penmas Divisi Humas Polri, Brigjen (Pol) Rusdi Hartono menjelaskan, pihaknya untuk saat ini masih memperpanjang masa penahanan terhadap pendiri Pasar Muamalah Depok, Zaim Saidi (ZS).

Mengenai permintaan kuasa hukum yang mengajukan penangguhan, jelas Rusdi, Mabes Polri tidak mengabulkan hal itu. Sebab menurut pertimbangan objektif penyidik, ZS masih diperlukan untuk ditahan.

“Tentunya penyidik memiliki pertimbangan tersendiri sehingga tidak mengabulkan permohonan tersebut,” kata Brigjen (Pol) Rusdi di Jakarta, Rabu (17/3).

Untuk alasan penolakan penangguhan penahanan, lanjut Rusdi, penyidik memiliki pertimbangannya sendiri sehingga memutuskan untuk menahan yang bersangkutan guna kepentingan penyidikan lebih lanjut.

”Dalam pertimbangannya, berarti penyidik masih merasa perlu ZS ditahan guna kepentingan proses hukum,” ujarnya.

Sebagaimana diketahui, Zaim Saidi ditahan di Rutan Bareskrim Polri sejak awal Februari lalu, gara-gara mengampanyekan bertransaksi menggunakan dinar dan dirham.

Masa penahanannya telah diperpanjang sejak 23 Februari hingga 3 April 2021.

Zaim Saidi sendiri, ditetapkan sebagai tersangka dalam perkara transaksi perdagangan di pasar muamalah di Tanah Baru, Depok, Jawa Barat.

Polisi menganggap Zaim Saidi inisiator, penyedia lapak, dan pengelola pasar muamalah dengan alat bayar dinar dirhamnya, sehingga dianggap menggantikan kedudukan Rupiah sebagai mata uang yang sah di NKRI. (mmu)

Comments

comments