Awasi Pendemo Rusuh, Polda Metro Jaya Siap Gunakan Drone Pengenal Wajah

Ilustrasi-Drone./Foto: Istimewa

Acuantoday.com, Jakarta―Direktur Lalu Lintas (Dirlantas) Polda Metro Jaya, Kombes Sambodo Purnomo Yogo menjelaskan, pihaknya sudah memiliki 2 unit pesawat kecil tanpa awak atau drone pengawas yang siap digunakan untuk mengenali wajah pendemo saat rusuh.

“Kalau terjadi tindakan anarkis, jadi drone itu bisa meng-capture orang-orang, bisa nge-zoom orang-orang yang melakukan tindakan-tindakan anarkis, sehingga nanti dari situ kita bisa ketahui identitasnya,” kata Kombes Sambodo di Mapolda Metro Jaya, Rabu (17/3).

Mantan Analis Kebijakan (Anjak) Madya Bidang Binmas Baharkam Polri itu menerangkan, drone yang dimaksud berbeda dengan kamera gerak yang biasanya digunakan untuk menganalisa pengendara motor yang melanggar lalu lintas atau e-TLE.

“Drone ini bukan e-TLE tapi dia CCTV yang mengawasi. Artinya, dengan drone itu kita bisa mengamati situasi lalu lintas. Bila terjadi kemacetan yang cukup panjang, misalnya ada unjuk rasa, laka, perbaikan jalan, seberapa panjang kemacetan terjadi, ruas jalan mana saja padat, nanti bisa terpantau oleh drone,” ujarnya.

Perbedaan mendasar antara E-TLE dan drone yang akan digunakan ini, jelas Sambodo, terletak pada mobilitasnya yang bisa digerakkan kemanapun, termasuk untuk patroli udara guna memantau perkembangan di tempat umum.

“Drone ini atau bisa juga disebut E-TLE bergerak, lebih simpel karena dia mobile, jadi nanti ketika yang bersangkutan melakukan patroli, semua pelanggaran yang tertangkap drone itu hasil recording-nya kita bawa ke kantor untuk dibuka,” pungkasnya. (mmu)

Comments

comments