Belum Bayar SPP? Wakil Walkot Bandung Minta Semua Siswa Ikut Ujian

Wakil Wali Kota Bandung Yana Mulyana./Foto: Acuantoday.com (dila)

Acuantoday.com, Bandung―Wakil Wali Kota Bandung Yana Mulyana meminta semua sekolah di wilayahnya mengikutsertakan semua siswa ujian meski belum membayar Sumbangan Pembinaan Pendidikan (SPP).

Menurut Yana, saat ini Pemkot Bandung memiliki program pembiayaan siswa Rawan Melanjutkan Pendidikan (RMP) sehingga tidak ada alasan lagi siswa tak ikut ujian.

“Pemkot Bandung sudah punya program pembiayaan untuk siswa-siswi yang rawan melanjutkan pendidikan, kita juga biayai di sekolah swasta,” katanya, Kamis (18/3).

Yana menyebut Pemkot Bandung hadir membantu anak-anak sekolah dari tingkat SD, SMP, SMA, bahkan mahasiswa yang kuliah, dengan dana sampai ratusan miliar.

“SMA itu sudah domainnya Provinsi, tapi kita bantu selama dia termasuk warga Kota Bandung. Jadi kalau ada cerita tidak bisa ikut ujian secara aturan tidak boleh,” katanya.

Di masa pandemi Covid-19 ini, kata dia, bantuan itu bisa memberikan dampak sosial dan ekonomi yang dinamis sehingga data masyarakat yang terdampak bisa berubah.

“Orang hari ini merasa punya uang, di pandemi besoknya bisa jadi gak punya. Tapi bisa juga kalau orangnya kreatif, inovatif hari ini tak punya, besok punya uang,” katanya.

Oleh karena itu, lanjut Yana, sekolah harus bisa mengelola bantuan pemerintah. Karena secara teori sekolah yang dibantu itu untuk diberikan kepada siswa siswinya.

“Apalagi sekarang dengan pembelajaran jarak jauh bantuannya tetap. Kalau sekolah mengelolanya dengan baik tetap cukup. Tak boleh ada lagi siswa tak bisa ujian,” katanya. (dila)

Comments

comments