Vaksin Nusantara dan Sisa Umur Terawan

Mantan Menteri Kesehatan yang juga inisiator Vaksin Nusantara, Tertawan Agus Putranto. Foto:Acuantoday.com/Hardiyanto

Acuantoday.com, Jakarta – Inisiator Vaksin Nusanara (vaknus) Terawan Agus Putranto akan terus melanjutkan pengembangakan vaksin berbasis sel dedintrik itu sepanjang mendapat dukungan Presiden Joko Widodo.

Demikian diungkapkan mantan Tenaga Ahli Menteri Kesehatan era Terawan Agus Putranto, Andi, Sabtu (20/3).

Andi menuturkan, apapun posisinya Terawan ingin berbuat yang terbaik bagi  bangsa dan negara. “ Selagi Presiden Jokowi merestui, beliau akan terus maju mengembangkan vaknus,” ujarnya.

Vaksin Nusantara telah melewati uji klinis tahap pertama dan kini menunggu ijin dari Badan Pengawas Obat dan Makanan (BPOM) untuk uji klinis fase kedua.

Soal ijin uji klinis fase kedua itu menjadi perdebatan seru dalam Rapat Kerja di Komisi IX  DPR dengan BPOM di Gedung DPR Senayan, Jakarta, Rabu (10/3) lalu. Intinya para wakil rakyat minta BPOM tidak mempersulit dan segera mengeluarkan ijin. Sementara BPOM berpendirian ijin akan diberikan jika pengembang vaknus menjalani semua tahapan penelitian dengan benar.

Sampai saat ini BPOM belum juga mengeluarkan ijin, padahal kesimpulan rapat kerja waktu itu, ijin sudah harus dikeluarkan sebelum  17 Maret 2021.

Andi mengatakan, Terawan adalah prajurit yang patuh  pada atasan. “Sebagai prajurit beliau tunduk pada Presiden sebagai panglima tertinggi TNI. Diminta pensiun dini, beliu pensiun. Diminta membantu di kabinet, beliua siap. Diminta istirahat pun, beliau juga siap,” katanya.

Terawan, tambah Andi, ingin sisa umurnya bermanfaat untuk banyak orang dengan melakukan apa yang diyakini dan secara keilmuan dapat dipertanggungjawabkan.

“Dalan konteks penanganan COVID 19, beliau mengembangkan Vaksin Nusantara yang sekarang baru berproses, “ ujarnya.

Menurut Andi, Terawan merasa bersyukur karena sejauh ini pengembangan vaknus mendapat dukungan dari banyak pihak, mulai dari  DPR, para ahli sampai BPOM yang mengawasi prosesnya.

“Terutama beliau berterima kasih kepada  Presiden Jokowi  yang memantau pengembangan Vaknus,”  ujar Andi.

Selebihnya Terawan berharap apa yang kini dilakukan para peniliti Vaknus segera membuahkan hasil.

“Semoga Tuhan meridhoi penelitian ini dan dapat membantu keluarga kita sebangsa dan se-Tanah Air,” kata Andi menirukan ucapan Terawan. (Bram)

 

 

Comments

comments