Tahun 2021, Kebutuhan Air Bersih di Kota Bandung Diprediksi Meningkat

Direktur Utama PDAM Tirtawening Kota Bandung Sonny Salimi ./Foto: Acuantoday.com (dila)

Acuantoday.com, Bandung—Perusahaan Daerah Air Minum (PDAM) Tirtawening, Kota Bandung, memprediksi kebutuhan air bersih bagi warga di Kota Bandung akan mengalami peningkatan pada tahun 2021.

Direktur Utama PDAM Tirtawening Kota Bandung Sonny Salimi mengatakan ada beberapa faktor yang turut mempengaruhi peningkatan kebutuhan air ini salah satunya laju pertumbuhan penduduk Kota Bandung.

“Secara riil saat ini total penduduk di Kota Bandung sekitar 2,5 juta. Bila dihitung itu idealnya kebutuhan air di angka 6.000 liter per detik,” ungkap Sonny Salimi dalam keterangan kepada wartawan, Rabu (24/3).

Sejauh ini, lanjut Sonny, PDAM Tirtawening Kota Bandung baru mampu mengolah air 2.500 liter per detik.

Melihat masih besarnya selisih ini, lanjutnya, warga diimbau untuk bisa memanfaatkan air sebaik mungkin.

“Tahun 2021 kami targetkan kapasitas air yang bisa kami olah bisa sebesar 3.500 liter per detik. Untuk menutup kekurangan kami (PDAM) menjalin kerja sama dengan Perum Jasa Tirta II (BUMN),” terang Sonny Salimi.

Dalam kerja sama ini, lanjut Sonny, pihaknya akan menyediakan air curah berasal dari Waduk Saguling, Kabupaten Bandung Barat (KBB), untuk mengantisipasi ketersediaan air Kota Bandung di masa yang akan datang.

“Rencananya, pembanguan infrastruktur tuntas pada tahun 2023 dengan jarak sekitar 15-16 KM. Air yang bersumber dari Curug Jompong ini bisa langsung didistribusikan PDAM Kota Bandung ke warga,” jelasnya. (dila)

Comments

comments