Sebagian Kota Besar di Indonesia Diprediksi Hujan

Seorang warga membawa payung saat melintas di Kawasan Senayan, Jakarta, Jumat (16/10/2020)./Foto: Antara

Acuantoday.com, Jakarta—Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) memprakirakan sebagian kota besar di Indonesia diguyur hujan dengan intensitas ringan hingga sedang, Sabtu (27/3).

Dilansir melalui laman bmkg.go.id, hujan disertai petir perlu diwaspadai terjadi di Jambi pada siang serta dini hari, Surabaya pada malam hari, Pontianak dan Banjarmasin pada siang hari, serta Manokwari siang hari.

BMKG juga menginformasikan daerah yang akan diselimuti kabut pada dini hari, di antaranya Samarinda, Bandar Lampung, dan Pekanbaru.

Pontianak satu-satunya daerah yang berpotensi diguyur hujan lebat di siang hari. Hujan berskala sedang diperkirakan terjadi di Makassar, Mamuju, Samarinda, Bandung, dan Yogyakarta siang hari, sedangkan pada dini hari mengguyur Ambon.

Sebagian kota-kota lainnya di Indonesia akan diguyur hujan berintensitas ringan serta kondisi langit yang cerah berawan.

BMKG juga melaporkan terkait dengan prakiraan suhu yang relatif dingin terjadi di Bandung berkisar 19 hingga 29 derajat Celcius dengan tingkat kelembapan 65-95 persen.
Suhu yang relatif panas dilaporkan melanda Jakarta Pusat mencapai 26-33 derajat Celcius dengan tingkat kelembapan udara antara 65-85 persen.

BMKG juga memprakirakan musim kemarau 2021 mulai terjadi pada April 2021 di 22,8 persen Zona Musim (ZOM) yaitu beberapa zona musim di Nusa Tenggara, Bali, dan sebagian Jawa.

“BMKG memprediksi peralihan angin monsun akan terjadi pada akhir Maret 2021 dan setelah itu Monsun Australia akan mulai aktif. Karena itu, musim kemarau 2021 diprediksi akan mulai terjadi pada April 2021,” kata Kepala BMKG Dwikorita Karnawati. (pri)

Comments

comments