Pemkot Bandung Dukung Larangan Mudik Lebaran 2021

Wakil Wali Kota Bandung Yana Mulyana

Acuantoday.com, Bandung—Pemerintah Kota (Pemkot) Bandung menyatakan bakal mendukung imbauan pemerintah pusat soal larangan mudik Lebaran tahun 2021 ini.

Sebelumnya, pemerintah pusat secara resmi telah memutuskan melarang kegiatan mudik Lebaran tahun 2021 atau Hari Raya Idul Fitri 1442 Hijriah.

Keputusan tersebut disampaikan Menteri Koordinator Bidang Pembangunan Manusia dan Kebudayaan Muhadjir Effendy dalam konferensi pers virtual, Jumat (26/3), lalu.

Wakil Wali Kota Bandung Yana Mulyana mengatakan sebagai bentuk dukungan terkait larangan mudik tahun ini Pemkot Bandung akan membuat aturan khusus.

“Aturan itu akan berlaku bagi Aparatur Sipil Negara (ASN) khususnya di lingkungan Pemkot Bandung,” kata Yana Mulyana saat dikonfirmasi para wartawan, Senin (29/3).

Menurutnya, ada beberapa alasan Pemkot Bandung sepakat dengan adanya kebijakan pemerintah pusat yang melarang mudik Lebaran walau mendapatkan sorotan publik.

“Karena jumlah kasus Covid-19 trennya selalu mengalami kenaikan setelah momen libur panjang. Di Bandung, siklus kasus itu selalu naik usai masa liburan,” kata Yana.

Pihaknya, lanjut Yana Mulyana, tidak bisa membayangkan jika arus mudik tahun ini dibebaskan dan dibolehkan. Apalagi orang yang melakukan mudik bisa menjadi carrier.

“Karena dia (pemudik) naik kendaraan. Bisa terjadi mereka melakukan transmisi dari satu tempat tempat lainnya jadi berpotensi berstatus tanpa gejala atau carrier,” jelasnya. (dila)

Comments

comments