Sepanjang 2020, Jumlah Pengangguran di Kota Bandung Naik 3,03 Persen

Kepala Dinas Tenaga Kerja (Disnaker) Bandung Arief Syaifudin ./Foto: Acuantoday.com (dila)

Acuantoday.com, Bandung—Dinas Tenaga Kerja (Disnaker) Kota Bandung mencatat, selama tahun 2020, jumlah pengangguran di wilayahnya alami kenaikan 3,03 persen atau mencapai 147.081 orang.

Peningkatan ini diklaim Disnaker akibat ada bonus demografi yang mencapai 77 persen.

Kepala Disnaker Bandung Arief Syaifudin menilai masih tingginya pengangguran itu karena bonus demografi yang tidak sebanding dengan jumlah lowongan pekerjaan saat ini.

“Oleh karena itu tahun 2021 Disnaker akan melaksanakan job fair. Sebab berkaca pada job fair sebelumnya mampu menyediakan 12.000 lowongan,” ujarnya, Rabu (31/3).

Mengingat masih di masa pandemi, kata Arief, job fair dilakukan secara virtual. Sesuai rencananya, pelaksanaan job fair dimulai pada Juni dan Oktober mendatang.

“Dalam bursa kerja nanti kita mengundang perusahaan yang butuh tenaga kerja, dan kita juga akan sampaikan informasi jumlah total lowongan yang tersedia,” beber Arief.

Disnaker, lanjut Arief, tentu akan terus berupaya menekan angka pengangguran termasuk melalui program pelatihan berbasis kompetensi dan pemagangan.

“Di samping itu, Disnaker menyediakan pelatihan berbasis masyarakat seperti menjahit, tata rias untuk mengantisipasi ekonomi akibat dampak pandemi,” katanya.

Berbagai upaya tersebut, tambah Arief, dilakukan dengan harapan masyarakat bisa kembali bekerja formal. Masyarakat pun bisa membuka usaha secara mandiri.

“Kita coba bertahap untuk menyelesaikan persoalan pengangguran. Ya dengan dengan pelatihan, dan memberikan program pemagangan di hotel atau ritel,” terang Arief. (dila)

Comments

comments