KLB Deli Serdang Diminta Gugat AD/RT Demokrat ke Pengadian

Logo Partai Demokrat./Foto: Web

Acuantoday.com, Jakarta—Menteri Hukum dan HAM Yasonna Laoly mempersilakan jika ada kader Partai Demokrat yang ingin menggugat Anggaran Dasar/Anggaran Rumah Tangga (AD/RT) yang dianggap melanggar Undang-Undang Partai Politik ke pengadilan.

“Jika ada KLB Deli Serdang merasa AD/RT tersebut tidak sesuai dengan undang-undang partai politik silakanlah digugat ke pengadilan sesuai ketentuan hukum yang berlaku,” kata Yasonna dalam konferensi pers virtual di Jakarta, Rabu (31/3).

Yang jelas, menurut dia, dari sisi hukum administrasi keputusan pemerintah terhadap kepengurusan KLB Deli Serdang sudah final.

“Pemerintah menyatakan bahwa permohonan pengesahan KLB Deli Serdang 5 Maret 2021 ditolak ” ujar Yasonna.

Menurut dia, jika berdasarkan dengan dokumen yang ada maka tidak mungkin lagi untuk ada pengesahan, karena setelah diteliti tidak memenuhi syarat.

“Kalau ingin membuat lagi (KLB) yang memenuhi, itu bukan urusan kami,” tegas Yasonna.

Yasonna dalam kesempatan itu juga menyebut bahwa ada argumen yang mengatakan bahwa Anggaran Dasar dan Anggaran Rumah Tangga Partai Demokrat bertentangan dengan Undang-Undang Partai Politik.

“Silakan diuji di pengadilan, di luar ranah kami. Ranah menguji AD/RT di pengadilan. Apakah sesuai dengan undang-undang partai politik silakan saja, itu hak setiap kader Demokrat untuk melakukan itu,” tegasnya.

Yang jelas, kata Yasonna, pemerintah selalu bertindak objektif, transparan dalam memberikan keputusan terhadap kisru di Partai Demokrat.

“Karenanya, sebelum kami tutup, kami sesalkan pernyataan dari pihak-pihak yang sebelumnya menuding pemerintah campur tangan dan memecah belah partai politik,” tandas Yasonna. (pri)

Comments

comments