Tak Punya BPBD, Pemkot Bandung Bentuk Satlak Penanggulangan Bencana

Kepala Seksi Kerja Sama Kebencanaan Dinas Pemadam Kebakaran dan Penanggulangan Bencana (Diskar) Kota Bandung Imanuel Situmorang./Foto: Acuantoday.com (dila)

Acuantoday.com, Bandung―Kota Bandung menjadi satu-satunya daerah di Bandung Raya yang hingga kini belum punya Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD).

Menanggapi hal ini, Kepala Seksi Kerja Sama Kebencanaan Dinas Pemadam Kebakaran dan Penanggulangan Bencana (Diskar) Kota Bandung Imanuel Situmorang mengatakan, pihaknya tengah tengah menyiapkan pembentukan Satuan Pelaksana (Satlak) Penanggulangan Bencana.

Imanuel Situmorang mengatakan, bila Satlak ini akan terbentuk di level kecamatan dan kelurahan yang fungsinya membantu tugas Diskar dalam penanganan kebencanaan.

“Satlak ini akan menjadi tambahan Sumber Daya Manusia (SDM) guna membantu penanganan kebencanaan di Kota Bandung,” kata dia dalam keterangannya, Sabtu (3/4).

Imanuel berharap Satlak Penanggulangan Bencana yang dimatangkan ini menjawab kritikan mengingat Kota Bandung belum memiliki BPBD seperti daerah yang lain.

“Satlak itu harus betul-betul menjadi institusi yang menjadi jawaban Kota Bandung belum memiliki BPBD. Semoga kehadirannya bisa membantu penanganan bencana,” bebernya.

Imanuel menyebut Pemkot menyerahkan kepada kelurahan dan kecamatan untuk pemilihan SDM yang akan tergabung di jajaram Satlak Penanggulangan Bencana.

“Selanjutnya para anggota Satlak akan diberi pelatihan khusus soal penanggulangan kebencanaan. Bulan April 2021 ini akan diakselerasi segala keperluan,” katanya. (dila)

Comments

comments