Wapres Imbau Para Ulama Divaksin AstraZeneca

Wakil Presiden, Ma’ruf Amin/Foto:wapres.go.id

Acuantoday.com, Jakarta – Wakil Presiden, Ma’ruf Amin, mengimbau para ulama di daerah disuntik vaksin COVID-19 AstraZeneca. Hal itu dikamsudkan untuk memberi keyakinan kepada masyarakat bahwa vaksin buatan Inggris itu aman digunakan.

“Jadi masyarakat tidak perlu ragu menggunakannya dari segi kebolehannya,” kata Ma’ruf Amin saat menyaksikan pelaksanaan vaksinasi COVID-19  kepada pengurus dan anggota Majelis Ulama Indonesia (MUI) Pusat, di Jakarta, Rabu (7/4).

Vaksinasi bagi pengurus dan anggota MUI Pusat menggunakan vaksin AstraZeneca. Wapres mengatakan, itu dilakukan untuk memberikan rasa aman dan percaya kepada masyarakat bahwa vaksin buatan Inggris itu boleh diberikan.

Sementara ulama-ulama di Jawa Timur juga telah mendapatkan suntikan vaksin AstraZeneca pada Maret lalu.

“Majelis ulama, ketua majelis ulama di daerah, di Jawa Timur itu, para ulama dan kiainya sudah menggunakan AstraZeneca. Jadi saya pikir ini hal yang sangat baik,” kata Wapres pula.

Sebelumnya, MUI menyatakan vaksin AstraZeneca mengandung unsur haram karena menggunakan tripsin babi dalam proses pembuatannya. Namun, MUI memperbolehkan penggunaan AstraZeneca dalam kondisi darurat untuk menghentikan darurat kesehatan pandemi COVID-19.

Berdasarkan rekomendasi Badan Kesehatan Dunia atau World Health Organization (WHO), vaksin AstraZeneca memiliki risiko lebih kecil dibandingkan manfaatnya.

Meskipun ada sejumlah laporan terkait indikasi pengentalan darah setelah disuntik vaksin AstraZeneca, WHO menyatakan angka peningkatan indikasi tersebut lebih kecil daripada angka kasus infeksi COVID-19.

Menurut WHO, vaksin AstraZeneca memiliki manfaat lebih besar daripada risikonya, sehingga   pemakaiannya boleh dilanjutkan. (Bram/Antara)

Comments

comments