Pengusaha Sambut Usulan Sandiaga Maksimalkan Destinasi Lokal

Ilustrasi-Persawahan di sebuah desa di daerah Ubud, Bali./Foto: Freepik

Acuantoday.com, Jakarta―Kalangan pengusaha menyambut ajakan Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Menparekraf) Sandiaga Uno untuk mengunjungi destinasi wisata lokal karena diharapkan menjadi jalan alternatif untuk menggairahkan usaha kecil dan menengah (UKM) di lokasi wisata menyusul adanya kebijakan larangan mudik Lebaran.

“Ajakan Menteri Pariwisata untuk mengunjungi destinasi lokal menjadi alternatif menggairahkan UKM di lokasi wisata. Sekalipun hanya dikunjungi oleh masyarakat lokal diharapkan mampu mendongkrak omzet pelaku industri kreatif di daerah,” kata Ketua Umum DPD Himpunan Pengusaha Pribumi Indonesia (Hippi) DKI Jakarta Sarmam Simanjorang di Jakarta.

Sarman mengungkapkan, larangan mudik Lebaran tahun ini memang menjadi pukulan bagi para pelaku UKM di daerah. Pasalnya, kali ini mereka tidak dapat menikmati momentum mudik Lebaran di mana biasanya pemudik dari kota akan membelanjakan uangnya di daerah tujuan mudik, terutama di lokasi-lokasi wisata di daerah.

Wakil Ketua Dewan Pertimbangan Kadin Jakarta itu berharap, meski nantinya destinasi bisa tetap dibuka dan dikunjungi masyarakat setempat, hal itu akan mampu mendongkrak omzet pelaku industri kreatif di daerah.

“Minimal ada peluang bagi pelaku pariwisata dan ekonomi kreatif walaupun mungkin tidak maksimal karena pengunjung tidak datang dari luar kota,” katanya.

Sarman mengingatkan, walaupun hanya dikunjungi pengunjung lokal, pengelola destinasi wisata harus tetap melaksanakan protokol kesehatan secara ketat.

“Walaupun hanya dikunjungi pengunjung lokal, pengelola destinasi wisata agar tetap melaksanakan protokol kesehatan secara ketat, sehingga kita tetap mampu mengendalikan dan menekan penyebaran Covid-19,” pungkasnya. (mad)

Comments

comments