40 Jam Jabatan Keramat Saefullah

Sekretaris Daerah DKI Jakarta, almarhum Saefullah/ Foto: Antara

Acuantoday.com, Jakarta- Mengenang kembali sosok almarhum Sekretaris Daerah DKI Jakarta, Saefullah memori warga Jakarta kembali disegarkan dengan tugas berat Saefullah yang pernah dipercaya menjadi Pelaksana Harian (Plh) Gubernur DKI Jakarta selama 40 jam pada 16 Oktober 2017.

Jabatan tersebut diemban terhitung pukul 00.00 WIB hingga 16.00 WIB selama terjadi kekosongan jabatan kepala daerah menjelang pelantikan Anies Baswedan-Sandiaga Uno oleh Presiden Joko Widodo sebagai Gubernur dan Wakil Gubernur DKI Jakarta terpilih.

Saat itu Saefullah mengemban tiga tugas penting yang menyangkut stabilitas Jakarta sebagai Ibukota negara berdasarkan perintah Menteri Dalam Negeri Tjahjo Kumolo.

“Saya sudah menerima tugas dari Menteri Dalam Negeri dengan tugas pokok yang pertama, menyiapkan pelantikan gubernur dan wakil gubernur terpilih. Kedua, tugas kami adalah melaksanakan tugas sehari-hari gubernur dan yang ketiga adalah tugas kami membuat laporan kepada Mendagri, walaupun tugasnya kurang lebih 40 jam. Mudah-mudahan waktu 40 jam ini biasanya keramat gitu ya,” kelakar almarhum saat itu.

Posisi strategis sebagai pemimpin Ibukota negara
dihadapi almarhum dengan tenang. Tugas itupun berhasil dijalankan dengan baik.

“Saya bilang sama istri saya, selama 40 jam ini tolong siapkan air putih yang banyak supaya sehat, pinggangnya kuat,” kata almarhum.

Jabatan itu pun berakhir saat Anies Baswedan dan Sandiaga Uno dilantik oleh Presiden Joko Widodo pada pukul 16.00 WIB di Istana Negara dengan dihadiri kurang lebih 300 undangan, yang terdiri atas para menteri dan beberapa pejabat lainnya.

Merasakan jabatan sebagai seorang gubernur menjadi salah satu karir di birokrasi yang telah dituntaskan almarhum dengan penuh dedikasi.

Pada kurun 2003-2004, Saefullah pernah mencicipi jabatan sebagai Kepala Suku Dinas Pendidikan Dasar Jakarta Barat.

Karir almarhum beranjak menduduki jabatan Kepala Sub Dinas SLTP DKI Jakarta pada kurun 2004-2008.

“Selamat jalan putra terbaik Jakarta. Kami percaya tempatmu mulia dan tertinggi. Insya Allah kota ini akan terus mengirimkan pahala atas amal jariahmu di kota ini”.

Demikian pernyataan Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan saat memimpin prosesi pelepasan jenazah Sekretaris Daerah (Sekda) DKI Jakarta, Saefullah, di Balai Kota Jakarta, Rabu (16/9/2020).

Almarhum Saefullah wafat pada usia 56 tepat pukul 12.55 WIB setelah menjalani perawatan secara intensif di Rumah Sakit Pusat Angkatan Darat (RSPAD) Gatot Soebroto Jakarta Pusat setelah sebelumnya mengalami keluhan asam lambung serta gangguan pada detak jantung.

Wakil Gubernur DKI Jakarta Ahmad Riza Patria mengungkapkan komplikasi penyakit yang diderita almarhum juga diperparah dengan Corona Virus Disease 2019 (COVID-19).

Saefullah merupakan sosok putera asli Betawi yang lahir di Sungai Kendal, Rorotan, Cilincing, Jakarta Utara, pada 11 Februari 1964 itu berhasil mencapai puncak karir tertinggi sebagai aparatur sipil negara (ASN) di DKI Jakarta pada 11 Juli 2014 hingga 16 September 2020.(ian)

Comments

comments