IKM Harus Sadar Desain Produk

Ilustrasi-Pelaku UMKM memperlihatkan hasil desain berbahan baku ban bekas, pada pameran Trade Expo Internasional 2017 di Tengarang, Banten./Foto: Acuantoday.com (Ahmadi Supriyanto

Acuantoday.com, Jakarta―Saat ini, kebutuhan dunia industri terhadap desain produk dan peran profesi desainer terus memperlihatkan peningkatan signifikan. 

“Atmosfer tersebut semakin positif apabila awareness akan perlindungan kekayaan intelektual dan penghargaan masyarakat secara umum akan pentingnya desain produk juga semakin tinggi,” kata Direktur Jenderal Industri Kecil, Menengah dan Aneka (IKMA) Kemenperin, Gati Wibawaningsih di Jakarta, Rabu (30/9).

Menurut Gati, masyarakat khususnya di perkotaan, sudah semakin menghargai peran desain produk, yang dapat dilihat dari meningkatnya permintaan akan produk yang tidak hanya memiliki nilai fungsi namun juga nilai estetis. 

“Kita bisa melihat semakin banyaknya studio desain, meskipun saat ini mayoritas masih tersebar di kota-kota besar,” terang Gati.

Untuk itulah, kata dia, Kementerian Perindustrian semakin gencar mendorong pelaku industri kecil menengah (KM) agar dapat menggunakan desain produk yang lebih menarik sesuai dengan tren dan kebutuhan zaman saat ini. 

Sebab, selain mutu produk, desain yang unggul juga diyakini mampu mendongkrak daya saing di pasar.

 “Apalagi, beragam desain produk buatan sektor industri kreatif di dalam negeri kian diminati di pasar global,” kata dia.

Menurut Dirjen IKMA, dalam upaya menciptakan produk yang inovatif dan kompetitif, diperlukan sebuah desain yang memikat konsumen. 

“Di era perdagangan bebas saat ini, mau tidak mau pelaku industri kita akan menghadapi persaingan yang ketat dengan negara-negara maju di dunia. Oleh karena itu, kita harus mampu mengoptimalkan keunggulan komparatif,” ungkapnya.

Oleh karena itu, asosiasi dan komunitas desainer yang menjadi wadah bagi para desainer berbakat, merupakan tumpuan dan ujung tombak dalam pengembangan dan penguatan desain produk nasional.

Dalam hal ini, Kemenperin menunjukkan apresiasinya atas karya desain yang berkembang di Indonesia dengan memberikan penghargaan tertinggi dari pemerintah dalam bidang desain produk kepada para desainer dan perusahaan/industri melalui ajang penghargaan Indonesia Good Design Selection (IGDS).

IGDS 2020 memiliki dua kategori penghargaan, yang tidak hanya memberikan apresiasi kepada Design Product untuk produk jadi namun juga memberikan apresiasi Design Concept untuk konsep desain. 

“Pendaftaran IGDS 2020 telah dibuka sejak tanggal 22 Juli. Dan penganugerahan penghargaan IGDS tahun 2020 rencananya akan diselenggarakan pada Desember 2020,” tandasnya. (ahm)

Comments

comments