Argentina Tembus 900.000 Kasus COVID-19

Petugas pembersih menggunakan desinfektan di pintu masuk kereta bawah tanah saat warga mengantre untuk memasuki pusat transfer Constitucion, salah satu yang terpenting di kota, sebagai langkah menanggulangi penyebaran virus COVID-19 di Buenos Aires, Argentina, Kamis (19/3/2020)/Antara

Acuantoday.com – Kasus virus corona di Argentina melampaui 900 000 kasus, Senin waktu setempat.

Kementerian Kesehatan Argentina menyebutkan, sampai saat ini total korban tewas mencapai 24.186 dan jumlah kasus positif COVID-19 mencapai 903.730 kasusu.

Dalam 24 jam terakhir, terdapat 318 kematian dan 9.524 kasus baru

Pemerintah Argentina akhir pekan lalu memperketat pembatasan pergerakan orang di 18 provinsi selama dua pekan karena penambahan kasus COVID-19 terus meningkat.

Selama seminggu terakhir Argentina mendaftarkan hampir 100.000 kasus baru, salah satu tingkat tertinggi di dunia.

“Kami tidak akan menjadi normal lagi – baik dalam jangka pendek maupun menengah – sampai kami memiliki tingkat imunisasi yang tinggi dari populasi, baik secara alami atau melalui vaksin,” Gerardo Laube, seorang dokter penyakit menular di Rumah Sakit Muniz di Buenos Aires, Senin waktu setempat.

Sebelumnya Pemerintah Argentina mendapat pujian karena penguncian awal yang ketat yang diberlakukan sejak 20 Maret, namun sejak saat itu pihaknya terpaksa melonggarkan pembatasan guna membantu membangkitkan ekonomi yang sudah dalam resesi selama dua tahun dan karena tingginya tingkat kemiskinan dan pengangguran.

Sumber dari Kementerian Kesehatan Argentina mengklaim bahwa banyaknya jumlah tes positif COVID-19 merupakan hasil dari program “DetectAr”, di mana pengujian berfokus pada kontak dari mereka yang diketahui terinfeksi. Pemerintah berjanji akan menambah kapasitas pengujian COVID-19.

Argentina memiliki kasus COVID-19 tertinggi ke delapan di dunia dan saat ini masuk lima besar untuk rata-rata kasus baru dan kematian harian. (Yona/Antara)

 

 

 

Comments

comments