99 Personel Satpol PP Dikerahkan Bantu Pemakaman Jenazah Covid-19

Kepala Satpol PP Kabupaten Bantul, Yulius Suharta.(Foto : Chaidir/Acuantoday.com)

Acuantoday.com, Yogyakarta- Tim 99 Satuan Polisi Pamong Praja (Satpol PP) Kabupaten Bantul siaga untuk menerima tugas membantu pemakaman jenazah pasien Covid-19.

Menurut Kepala Satpol PP Kabupaten Bantul, Yulius Suharta, pemakaman jenazah Covid-19 oleh Satpol PP dilakukan dengan alat pelindung diri (APD) sesuai standar protokol kesehatan.

“Ini adalah bentuk keterpaduan, Satpol PP berinisiatif membentuk tim untuk back up. Kemarin kan sempat banyak pasien Covid-19 yang meninggal. Jadi kami bersama-sama membantu,” kata Yulius, Minggu (28/2)

Jumlah anggota ada 99 personel yang tergabung dalam tim pemakaman. Mereka yang tergabung dalam tim pemakaman jenazah merupakan petugas Sarlinmas.

Menurutnya, untuk menjadi petugas pemakaman jenazah merupakan panggilan hidup. Dengan demikian, tidak semua anggota Satpol PP bisa bergabung.

Dalam satu kali pemakaman, ada 12 personel yang terlibat. Mulai dari petugas penguburan hingga petugas disinfeksi.

“Kalau petugas Sarlinmas kan dia sudah biasa menemukan jenazah yang meninggal dua hari. Jadi memang butuh panggilan. Petugas yang turun ada 12 orang. Ada yang mengangkat sampai ke liang lahat, ada yang sterilisasi setelah pemakaman, ada yang mencuci APD. Jadi masih ada tim pendukung,” ujarnya.

Yulius mengatakan, pihaknya dan BPBD Bantul juga terus memberikan edukasi dan sosialisasi kepada Forum Pengurangan Resiko Bencana (FPRB) agar bisa melakukan pemakaman jenazah. Satpol PP juga terus berkomunikasi dengan FPRB kalurahan saat pemakaman jenazah COVID-19.

“Kami sifatnya hanya back up saja, siap membantu,”lanjutnya.

Jika ada masyarakat yang membutuhkan bantuan Satpol PP Kabupaten Bantul untuk pemakaman jenazah Covid-19, maka keluarga perlu mengajukan permohonan kepada Satpol PP. Selain itu, keluarga juga harus membuat surat pernyataan kesediaannya untuk pemakaman standar Covid-19. (Chaidir)

Comments

comments