Agar Masyarakat Beralih Moda, Kemenhub Fasilitasi 50 Parkir Sepeda

Ilustrasi: Warga memarkirkan sepedanya di tempat parkir khusus sepeda di Taman Kota Kanal Banjir Timur, Jakarta, Sabtu (19/9/2020). Kementerian Perhubungan menerbitkan Peraturan Menteri Perhubungan No. 59 Tahun 2020 tentang Keselamatan Pesepeda di Jalan Raya dan dengan terbitnya peraturan tersebut diharapkan perkantoran, pusat perbelanjaan, sekolah-sekolah dan di tempat umum disediakan fasilitas parkir bagi pengguna sepeda./Foto: Antara

Acuantoday.com, Jakarta―Guna mendorong lebih banyak masyarakat beralih ke moda sepeda, kementerian Perhubungan (Kemenhub) memberikan 50 fasilitas parkir sepeda kepada instansi pemerintah, sekolah, tempat ibadah, dan tempat umum.

Fasilitas tersebut diberikan secara simbolis oleh Kementerian Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi kepada Kepala Dinas Perhubungan Provinsi DKI Jakarta, Stasiun Kereta Api Pasar Minggu, dan SDN Batu Ampar II Jakarta Timur, yang dilakukan secara virtual dalam Puncak Pekan Sepeda Nasional Tahun 2020 di Jakarta, Jumat (25/9).

Pemberian fasilitas itu, nantinya akan berlanjut di beberapa provinsi.

“Akan kami dorong, nantinya akan memberikan motivasi di kantor-kantor pemda menyiapkan tempat parkir di tempat umum,” kata Direktur Jenderal Perhubungan Darat Kemenhub Budi Setiyadi.

Penyerahan 50 fasilitas parkir tersebut merupakan bagian dari penyelenggaraan kegiatan Pekan Nasional Keselamatan Jalan yang telah rutin dilaksanakan sejak 2007.

“Kegiatan ini didedikasikan sebagai salah satu bentuk kampanye untuk meningkatkan kesadaran masyarakat mengenai keselamatan berlalu lintas di jalan,” katanya.

Budi menambahkan kegiatan ini tidak hanya dilakukan di Indonesia, namun telah menjadi gerakan dunia seiring dengan perhatian dunia internasional terhadap permasalahan keselamatan jalan.

Saat pandemi COVID-19 ini, kata dia, sepeda dapat kembali masuk dalam preferensi publikasi sisi berbeda dibandingkan dengan moda lain.

Ketertarikan masyarakat untuk memilih bersepeda dalam masa pandemi merupakan usaha dalam menjaga kesehatan dengan berolahraga dan terbukti bahwa penggunaan sepeda meningkat sebesar 1.000 persen.

Mengingat tingginya animo masyarakat dalam menggunakan sepeda sebagai alternatif moda transportasi dan sarana berolahraga dalam masa pandemi, Kemenhub, lanjut dia, telah menyiapkan regulasi keselamatan bagi para pesepeda di tengah maraknya tren bersepeda di Indonesia. (adi)

Comments

comments