Alat Bantu Oksigen Polda Metro Ditolak Rizieq

Kepala Bidang Humas Polda Metro Jaya Kombes Pol Yusri Yunus. (ANTARA/Fianda Sjofjan Rassat)

Acuantoday.com, Jakarta- Polda Metro Jaya membantah telah menelantarkan Rizieq Shihab selama di penjara, setelah santer pemberitaan Rizieq tengah menurun kesehatannya, tapi tidak diurus layak oleh pihak kepolisian.

“Kemarin pada saat kurang enak badan, karena ada asam lambung, minta oksigen, kita siapkan oksigen,” kata Kabid Humas Polda Metro Jaya Kombes Yusri Yunus kepada wartawan di Mapolda Metro Jaya, Jumat (8/12).

Selain diberi fasilitas oksigen, Yusri mengatakan, bantuan kesehatan kepolisian juga menghadirkan dokter yang memeriksa kesehatan Rizieq. Tapi, diklaim, semua bantuan itu ditolak Rizieq.

“Ada CCTV-nya ada semua, kita kasih dia enggak mau, dia maunya oksigennya dia,” kata Yusri.

Begitu pun layanan dokter yang disediakan, Yusri bilang, Rizieq hanya percaya dengan dokter pribadinya untuk mengecek kesehatannya selama di pesakitan, yakni dari organisasi sosial kemanusiaan bidang medis, MER-C.

“Tim kesehatan kami nempel terus. Dia minta didampingi dokter pribadinya dari MER-C,” ujarnya.

Pernyataan Yusri merespons pemberitaan media, yang di dalamnya pengacara Rizieq bernama Sugito Atmo Prawiro sebagai narasumber menyebutkan bahwa pihak Polda Metro Jaya lamban memberikan bantuan oksigen, saat Rizieq tengah sesak napas lantaran efek sakit maag.

Sugito memberikan kesaksian itu ke media online Detik.com pada Kamis (7/1) kemarin. Dia menuturkan Rizieq yang dikurung dalam sel isolasi, sempat berteriak minta tolong karena tak tertahan sesak napas. Kejadian itu berlangsung sekira pada malam tahun baru Jumat (1/7) kemarin.

Napas Rizieq normal kembali, usai dibantu alat bantu oksigen. Sugito mengatakan, bantuan oksigen itu berkat keluarga yang membawakan langsung tabung oksigen dari kediaman Rizieq di Petamburan, Jakarta Pusat.

Yusri mengklaim sejak awal ditahan, pihak Rizieq memang sudah membawa sendiri tabung oksigen untuk berjaga-jaga. Kendati begitu, pihak kepolisian juga menyiapkan tabung oksigen, dan pada saat kejadian pun sudah mencoba memberikan bantuan oksigen, tapi ditolak.

“Cuma pengacaranya saja yang bilang tabung (oksigen) gak dikasih, itu gak bener, Detik kan yang nulis. Sekarang sudah kita siapkan, dia gak mau, mintanya tabungnya dia sendiri, makanya kita kasih,” klaim Yusri.

Rizieq ditahan karena kasus pelanggaran protokol kesehatan acara pernikahan putrinya yang menimbulkan kerumunan massa pada medio November lalu. Proses hukum sedang berjalan dan kini Rizieq mendekam sementara di Rutan Polda Metro Jaya. (rwo)

Comments

comments