Ancam Warga Gunakan Senjata Api Merupakan Tindakan Teror

Seorang pengendara mobil Fortuner dalam rekaman video yang viral sedang mengancam warga mengguynakan senjata api usai menabrak pengendara motor di bilangan Duren Sawit, Jakarta Timur, Jumat (2/4/2021) dini hari. (Foto : Tangkapan Layar Medsos)

Acuantoday.com, Jakarta- Sebuah video viral beredar di media sosial. Seorang pengendara mobil Fortuner dengan nomor plat B 1673 SJV menodongkan pistol ke arah pengendara motor dan sejumlah warga di perempatan lampu merah Jalan Baladewa, Duren Sawit, Jakarta Timur.

Dalam video yang beredar luas di media sosial, Jumat (2/4/2021) terlihat pengemudi mengeluarkan pistol sambil teriak lantang. Setelah warga berhasil menghentikan kendaraannya, pria yang masih dicari keberadaannya itu bukannya meminta maaf dan menolong orang yang ditabrak, malah menodongkan pistol dan melarikan diri.

“Gue jalan ya. Bukan salah gue,” teriak pengendara Fortuner di dalam mobil sambil menggenggam pistol.

“Ya udah jalan aja, jalan aja,” balas warga sambil menggerutu.

Menanggapi sikap arogansi aksi koboi jalanan itu, Wakil Ketua Komisi III DPR Ahmad Sahroni mengatakan izin kepemilikan senjata api bukanlah bertujuan untuk menakut-nakuti masyarakat apabila salah digunakan untuk menghindar dari pelanggaran.

Ia meminta polisi menindak tegas pihak yang menyalahgunakan penggunaan senjata tersebut.

“Ini kejadian memalukan dan saya mendesak agar polisi segera menindak dan mengusut orang yang mengacungkan senjata api dengan gaya arogansinya. Ini sangat tidak dibenarkan,” kata Sahroni dalam keterangan tertulisnya.

Sahroni yang juga Wakil Ketua Umum Perkumpulan Pemilik Izin Khusus Senjata Api Bela Diri (PERIKSHA) periode 2021-2025 mengatakan tindakan arogan dengan pengancaman melalui senjata api di depan publik sama saja dengan tindakan teror karena menimbulkan ketakutan dan kepanikan.

“Mengancam di depan umum dengan senjata api, ya, sama saja seperti teroris mengancam dengan bom. Sama-sama memunculkan ketakutan dan kepanikan, jadi sudah sepantasnya untuk polisi agar segera menemukan dan menindak pelaku,” ucap politisi dari Partai NasDem ini.

Ia mendesak polisi untuk mengusut asal kepemilikan senjata api tersebut karena senjata api itu kepemilikannya harus sangat hati-hati dan penuh tanggung jawab.

Menurut dia, kalau ada pihak yang menggunakan senjata api untuk mengancam orang, bisa jadi kepemilikannya juga bermasalah sehingga polisi harus segera menyelidiki.(rht)

 

Comments

comments