Anda Pecinta Kopi, Hati-hatilah!

Ilustrasi-- sumber foto freepik.com

Acuantoday.com— Apakah Anda termasuk dalam golongan pecinta kopi? Jika ya, berapa cangkir kopi Anda minum per-hari? Satu cangkir, dua cangkir atau lebih? Jika hanya satu-dua cangkir per hari, atau bahkan tiga cangkir masih ok. Namun kalau Anda rutin mengkonsumsi lebih dari tiga cangkir kopi per-hari maka hati-hatilah. Bisa jadi Anda termasuk golongan yang sudah kecanduan kafein.

Kafeina atau lebih populer disebut kafein adalah senyawa alkaloid xantina berbentuk kristal dan terasa pahit yang bekerja sebagai obat perangsang psikoaktif dan diuretik ringan.

Perlu diketahui, kafeina tidak hanya ada pada kopi dan teh tapi juga pada sejumlah makanan/minuman yang kita kenal. Sebut saja, coklat hitam, makanan panggang yang mengandung cokelat, minuman espresso, minuman energi, soda, teh hijau, dll.

Kembali ke soal kecanduan kafeina. Beberapa tanda seseorang kecanduan kafeina antara lain; sakit kepala ketika tidak minum kopi, kehilangan konsentrasi tanpa kafein, meningkatkan asupan kopi secara berkala, merasa membutuhkan kopi untuk bisa merelaksasi pikiran,dll.

Menurut Prof Laura Juliano dari American University, orang harus membatasi asupan kafein tidak lebih dari 400mg per hari atau setara dengan sekitar dua sampai tiga cangkir kopi.

“Dampak negative dari kafein sering tidak diakui karena ini telah diterima secara luas dan banyak dikonsumsi. Kafein telah terintegrasi ke dalam kebiasaan dan rutinitas,” ucap Laura sebagaimana dikutip dari dailymail.co.uk

“Kebanyakan orang, tidak sadar bahwa tidak mudah menghilangkan kafein,” tambah Laura. “Penelitian sudah membuktikan itu,” tambahnya seraya menyebut beberapa efek negative dari kafein di antaranya, gangguan tidur, mudah tersinggung serta gangguan kecemasan.***dian

Comments

comments