Andi Mallarangeng: Terbentur AD ART, KLB Tak Bisa Dilaksanakan

Andi Mallarangeng/Foto: Acuantoday.com/Norma

 Acuantoday.com, Jakarta –Sekretaris Majelis Tinggi Partai Demokrat (PD) Andi Mallarangeng menanggapi “dingin” rencana Konggres Luar Biasa (KLB) yang digagas para kader partainya yang telah dipecat.

Dia  mengatakan, KLB tak mungkin dilaksanakan karena terbentur  anggaran dasar anggaran rumah tangga (AD ART) partai. Seumpama rencana  KLB medapat dukungan cukup seperti disyaratkan dalam AD ART sekalipun, menurut Andi, hal itu tetap tak mungkin dilaksanakan.

“Bagaimana mau KLB, karena KLB harus disetujui oleh ketua majelis tinggi partai, AD ART mengatur begitu” ujarnya kepada Acuantoday.com, Rabu (3/3).

Konflik di Partai Demokrat semakin mengeras. Beberapa kader PD yang dipecat berniat menggelar KLB. Mereka mengklaim mendapat sokongan yang cukup dari pengurus partai di berbagai daerah.

Belakangan Barisan Massa Demokrat (BMD) menyatakan mendukung penyelenggaraan KLB dan meminta Ketua Umum PD, Agus Harimurti Yudhoyono (AHY) mundur.

Andi meyakini keinginan menggelar KLB tak membuahkan hasil, karena Ketua Majelis Tinggi Partai Demokrat, Susilo Bambang Yudhoyono, tak menyetujui rencana itu.

Kalau KLB dilaksanakan tanpa persetujuan ketua majelis tinggi partai, menurut Andi,  KLB itu tidak sah. “Itu namanya KLB abal-abal,” ujar juru bicara presiden di era Presiden SBY itu.

Andi juga mengatakan kader Partai Demokrat di berbagai daerah  loyal pada kepemimpinan AYH. Karenanya ia mempertanyakan klaim penggagas KLB  bahwa mereka mendapat dukungan luas dari pengurus partai di daeah.  “Partai kami masih solid,” ujarnya.

Andi menyebut  para penggasas KLB sebagai kelompok orang yang ingin menjual partai ke pihak di luar partai. “Ada segelintir orang di Partai Demokrat yang bersekongkol dengan orang yang punya kekuasaan dan uang,  mau mengambil alih kepemimpinan partai” katanya.

Sebelumnya, pendiri Partai Demokrat,  Hencky Luntungan, mengklaim rencana  KLB mendapatkan dukungan 80 persen pengurus DPC dan DPD. Sementara mantan anggota Majelis Tinggi Partai Demokrat, Max Sopacua, yakin KLB bisa digelar dalam waktu dekat. (Bram)

 

Comments

comments