Andien dan Plant-based

Menu 'plant-based' Andien--foto instagram andien

Acuantoday.com— ‘Plant-based’, apa itu? Program diet yang satu ini memang belum terlalu umum namun belakangan semakin banyak pengikutnya. Sebagaimana namanya ‘plant based’ maka menu makanannya berfokus pada makanan nabati seperti sayur-sayuran, kacang-kacangan, biji-bijian.

Banyak orang salah paham dengan diet ‘plant based’ dengan mengira bahwa ini adalah diet vegetarian ataupun vegan. Namun sesungguhnya berbeda. Kalau vegetarian mengkonsumsi nabati dan sama sekali tidak mengkonsumsi hewani, namun masih mengkonsumsi produk-produk turunan hewani seperti susu, keju, dll. Sedang vegan, mengkonsumsi nabati dan sama sekali tidak mengkonsumsi hewani dan produk turunannya.

Menu ‘plant-based’ Andien–foto instagram andien

Sementara ‘plant based’ berbeda. Meski focus pada makanan nabati namun masih mengizinkan penganutnya kadang-kadang mengkonsumsi daging, ikan, produk turunan hewani. Fokus ‘plant-based’ pada makanan utuh bukan olahan.

Nah, salah satu selebriti Indonesia yang kini tengah bergiat dengan ‘plant based’ adalah Andini Aisyah Haryadi atau akrab disapa Andien. Ibu dua anak ini mengaku mulai menekuni beberapa bulan lalu, ketika hamil anak kedua, Anaku Tarisma Jingga (5 bulan).

“Udah beberapa bulan ini aku menjalankan pola makan plantbased. Tepatnya dari waktu hamil, sampe sekarang menyusui. Dan semakin kesini semakin nemuin selahnya,” tulis Andien diakun instagramnya.

Menu ‘plant-based’ Andien–foto instagram andien

Kadang, tutur Andien, orang mengasosiasikan ‘plant-based’ dengan salad dan makanan-makanan ala barat lainnya. Dia sendiri pun dulu ketika belum paham apa itu ‘plant-based’ mengira itu adalah salad.

“Dan dulu, kalo denger kata ‘plantbased’ yang ada di pikiranku itu hanya salad. Pantes ngerasa berat yaa.. Ahaha. Setelah aku berkonsultasi ke nutritionist, akhirnya aku sekarang bener-bener nikmatin sekali isi piringku yang beranekaragam. Ternyata hidup di Indonesia tuh segitu enaknya karena bisa nikmatin banyak makanan plantbased,” tambah Andien yang mengaku menjalani pola ‘plant-based’ seperti kembali ke masa kecilnya, dimana orangtua kerap kali menyajikan menu ‘plant-based’

Menu ‘plant-based’ Andien–foto instagram andien

Soal makanan sehat, memang Andien sangat konsen. Apalagi saat ini dimana dia memiliki bayi yang masih menyusui. “Sebagian dari populasi pertemananku bilang, makan apa aja yang penting sehat. Sebagian dari populasi pertemanan yang lainnya bilang, makan apa aja yang penting kenyang. Sementara sebagian lagi bilang, makan apa aja yang penting senang. Gimana kalo kita rangkum tiga-tiganya jadi satu? Sehat, kenyang, dan bikin happy,” tulisnya.

Sejak menjadi pengikut ‘plant-based’, Andien memang sering sekali men-share cerita seputar dietnya itu, termasuk menu-menu yang dia konsumsi. “Ini salah satu comfort foodku. Isinya barley kecombrang, tempe, tahu, sayuran, dan yang nggak pernah kelewat setiap makan adalah kacang ijo gorengnya,” kata Andien yang mengaku mendapat banyak manfaat dengan menekuni ‘plant-based’. ***dian

.

Comments

comments