Aneka Makanan Lezat dengan ‘Bumbu’ Selai Kacang

Selada yang Terinspirasi dari Vegetarian Thailand--sumber foto livestrong.com

Acuantoday.com— Selai kacang, kita semua tahu itu. Biasanya kita mengoleskan selai kacang di roti ataupun sandwich sebagai sarapan sebelum beraktivitas. Selai kacang adalah sumber lemak tak jenuh tunggal yang sehat untuk jantung.

Mengandung protein,  serat, vitamin B, zinc, magnesium, dll. Semuanya sangat berguna bagi kesehatan. Selai kacang termasuk paling banyak dikonsumsi oleh mereka yang diet atau menjalankan program menurunkan berat badan,  karena menyebabkan rasa kenyang yang lama.

Nah berikut ini beberapa tips dari Keri Gans, RDN, CDN, penulis The Small Change Diet kepada livestrong.com membuat kreasi makanan dengan menambahkan selai kacang.

Tumis bok choy-tahu ditambah selai kacang– sumber foto livestrong.com

1.Bok Choy dan Tumis Tahu

Makan malam dengan tumis  bok choy (pak choy) dipadukan dengan selai kacang krim, cuka beras, kecap, bawang putih, dan serpihan cabai merah untuk membuat saus buatan sendiri yang lebih sehat daripada variasi yang dibeli di toko.

“Banyak hidangan vegan yang kekurangan protein, tetapi yang ini tidak, berkat tambahan tahu dan selai kacang, yang menjadikan hidangan ini total per porsi mengandung  16 gram protein. Tahu kaya akan lemak sehat, zat besi dan kalsium, juga rendah kalori. Ini bisa menjadi pilihan tepat bagi seseorang yang ingin menurunkan berat badan.

2.Selada yang Terinspirasi dari Vegetarian Thailand

Terinspirasi oleh masakan Thailand, bungkus selada vegetarian ini memiliki rasa yang berasal dari rempah segar seperti jahe, bawang putih, dan kemangi, serta saus kacang yang gurih dan kaya. Jamur shitake daging dan chestnut air menambah aroma.  Untuk mengurangi kadar gula, cobalah mengganti saus hoisin dengan bawang putih dan plum atau pasta kacang, kata Gans.

Oatmeal Putih Telur Selai Kacang–sumber foto livestrong.com

3.Oatmeal Putih Telur Selai Kacang

Perpaduan putih telur dan selai kacang membuat rasa yang baru pada semangkuk oatmeal. Mengandung 16 gram protein dan 5 gram serat dijamin sarapan ini akan membuat Anda kenyang sampai waktunya makan siang. Kata Gans.

4.Salad Udang dan Sayur dengan Saus Kacang Kelapa

Santan kental dan selai kacang alami berpadu untuk menghasilkan saus yang mengeluarkan sedikit rasa manis dari nektar agave dan rasa pedas dari saus Sriracha. Lapisi dengan wortel renyah, edamame yang renyah serta warna-warni paprika, nasi basmati yang harum, dan udang yang berair akan menjadikan santapan bernutrisi dan lezat.

Yogurt Parfait Selai Kacang–sumber foto livestrong.com

5.Yogurt Parfait Selai Kacang

Anda hanya membutuhkan sesendok selai kacang lembut untuk meningkatkan rasa dari parfait yogurt. Sempurna untuk sarapan atau makan siang. Makanan pembangkit tenaga ini mengandung protein 10 gram dan serat 7 gram. Ditambah lagi, kata Gans, yogurt Yunani memasok sumber kalsium bintang yang penting untuk kesehatan tulang.

6.Selai Kacang Cokelat

Dengan keseimbangan antara karbohidrat dan protein, smoothie nabati yang berwarna cokelat, lembut ini menyediakan semua yang Anda butuhkan untuk mengisi bahan bakar dan memulihkan diri setelah berolahraga.

Biji chia benar-benar menggiurkan dengan kandungan serat 13 gram per porsi, kata Gans. Dalam menurunkan berat badan, serat membantu rasa kenyang, mengatur kadar glukosa darah dan mencegah sembelit. Sementara itu, pisang  sebagai pelengkap sempurna untuk selai kacang, mengandung kalium, yang dapat membantu mengatur tekanan darah Anda, tambah Gans.***dian

 

Comments

comments