Apakah Vitamin K Sama dengan Kalium? Ini Penjelasannya

Ilustrasi--sumber foto yourhealthremedy.com

Acuantoday.com— Vitamin K dan kalium adalah zat gizi mikro penting yang dibutuhkan tubuh untuk berkembang dan berfungsi dengan baik. Keduanya memiliki beberapa kesamaan, tetapi keduanya tidak sama.

Masing-masing memiliki seperangkat sifat dan tujuan yang unik. Tidak seperti vitamin K, kalium bukanlah vitamin. Sebaliknya, itu adalah mineral. Pada tabel periodik, simbol kimia kalium adalah huruf K. Jadi, orang terkadang bingung antara kalium dengan vitamin K.

Artikel healtline kali ini menyoroti beberapa persamaan dan perbedaan utama antara vitamin K dan kalium.

Bagaimana perbandingan vitamin K dan kalium?

Vitamin K dan kalium sama-sama dianggap nutrisi penting.

Tubuh Anda membutuhkan nutrisi penting untuk menyelesaikan tugas dasar. Tubuh tidak dapat memproduksi kalium sendiri dan hanya dapat menghasilkan sedikit vitamin K. Akibatnya, penting untuk mengonsumsi nutrisi ini melalui makanan.

Meskipun vitamin K dan kalium sama-sama penting, keduanya bukan jenis senyawa yang sama.

Vitamin K

Vitamin K adalah sekelompok vitamin yang larut dalam lemak yang dibutuhkan tubuh untuk menghasilkan protein untuk pembekuan darah dan produksi tulang, di antara fungsi-fungsi lainnya.

Penyedia layanan kesehatan sering memberikan suplemen vitamin K1 kepada bayi tepat setelah lahir untuk mencegah perdarahan akibat defisiensi vitamin K (VKDB). VKDB adalah suatu kondisi yang terjadi ketika tidak ada cukup vitamin K dalam tubuh untuk membantu pembentukan gumpalan darah.

Jenis vitamin K yang paling umum adalah K1 dan K2.

Vitamin K1 – juga dikenal sebagai phylloquinone – adalah jenis yang biasanya ditemukan pada sayuran berdaun hijau. Itu juga jenis vitamin K yang paling umum dalam makanan manusia.

Vitamin K2 adalah sekelompok senyawa yang dikenal sebagai menaquinones. Mereka sering hadir dalam produk hewani dan makanan fermentasi. Bakteri usus juga menghasilkan menaquinones dalam jumlah kecil.

Namun, jumlah vitamin K2 yang dihasilkan usus bervariasi. Lebih lanjut, para ilmuwan perlu melakukan lebih banyak penelitian untuk menyelidiki bagaimana vitamin K2 yang diproduksi oleh usus dapat mempengaruhi kesehatan.

Kalium

Kalium merupakan mineral yang berfungsi sebagai elektrolit dalam tubuh manusia. Hampir setiap sel dan jaringan dalam tubuh manusia membutuhkan elektrolit untuk menyelesaikan fungsi dasar.

Kalium membantu mempertahankan:

keseimbangan air

pH darah

tekanan darah

gerakan otot

komunikasi antar neuron

detak jantung teratur

Oleh karena itu, memiliki kadar kalium darah dalam batas normal penting untuk menjaga kesehatan yang optimal.

Manfaat Vitamin K dan Kalium

Mengkonsumsi makanan yang kaya vitamin K dan kalium secara teratur dapat berkontribusi pada pola makan sehat secara keseluruhan. Masing-masing mikronutrien ini memiliki manfaatnya sendiri-sendiri, dan mereka bahkan dapat berbagi beberapa manfaat serupa. Misalnya, para ilmuwan telah mempelajari baik untuk efek potensial kedunya pada tulang dan kesehatan jantung.

Manfaat Vitamin K

Vitamin K memainkan peran penting dalam pertumbuhan dan metabolisme tulang. Kekurangan nutrisi telah dikaitkan dengan cedera tulang. Ini mungkin termasuk patah tulang dan penyakit tulang, seperti osteoporosis.

Suplemen vitamin K telah menunjukkan potensi dalam penelitian awal untuk membantu mengurangi tingkat patah tulang. Manfaat ini mungkin sangat membantu bagi wanita pascamenopause dengan osteoporosis.

Namun, para ilmuwan masih perlu melakukan penelitian yang lebih ketat untuk memahami sepenuhnya hubungan antara suplemen dan kesehatan tulang.

Vitamin K juga dapat membantu menghambat akumulasi kalsium di pembuluh darah, yang merupakan prediktor penting penyakit jantung. Para peneliti percaya vitamin K2 dapat membantu menghambat penumpukan ini.

Dengan demikian, mendapatkan cukup vitamin K2 dalam makanan Anda dapat membantu mencegah penumpukan kalsium dan bermanfaat bagi kesehatan jantung. Namun, peneliti perlu melakukan lebih banyak penelitian untuk memahami sepenuhnya hubungan antara vitamin K dan kesehatan jantung.

Selain itu, tampaknya nutrisi lain, termasuk vitamin D, dapat mempengaruhi keefektifan suplemen vitamin K untuk kesehatan jantung. Penelitian yang muncul menunjukkan bahwa vitamin K dapat memiliki manfaat tambahan dalam mencegah kondisi terkait usia dan peradangan seperti diabetes dan kanker. Ilmuwan perlu melakukan lebih banyak penelitian berkualitas tinggi untuk menyelidiki efek potensial ini.

Manfaat Kalium

Kalium dapat berperan dalam kesehatan tulang. Namun, hanya beberapa penelitian berkualitas tinggi yang menemukan bahwa suplemen kalium meningkatkan ukuran kesehatan tulang.

Seperti vitamin K, kalium dapat membantu kesehatan tulang pada wanita pascamenopause. Sebuah studi baru-baru ini menemukan kalium mungkin memiliki efek yang lebih nyata pada kesehatan tulang dan risiko osteoporosis pada populasi tersebut.

Kapasitas kalium untuk membantu mengatur tekanan darah tampaknya berdampak signifikan pada kesehatan jantung. Tapi masih belum jelas bagaimana suplemen kalium dibandingkan dengan kalium makanan. Peneliti juga perlu menyelidiki bagaimana asupan garam mempengaruhi dampak kalium pada penyakit jantung.***dian

Comments

comments