Apel Ungu ‘Black Diamond’ Sebutir Rp109 Ribu

Apel ungu atau apel 'black diamond' asal Pengunungan Tibet--foto fresh plaza/odditycentral

Acuantoday.com— Pernah lihat apel ungu? Mungkin kebanyakan Anda belum pernah melihat, apalagi mencicipi apel berwarna ungu ini. Kita biasa melihat apel merah, hijau, kuning atau kombinasi warna ketiganya. Tapi kalau warna ungu, sepertinya hanya bisa dilihat di gambar-gambar.

foto fresh plaza/odditycentral

Buah ‘ajaib’ ini memang ada lho. Ini memang apel langka  yang hanya ada di pegunungan Tibet. Karena langka pula lah harganya pun selangit, per butir sekitar 50 yuan atau Rp109 ribu lebih (kurs sekarang). Dijual terbatas di supermarket-supermaket kalangan elite.

Mengutip odditycentral, buah yang juga dikenal dengan sebutan ‘black diamond’ merupakan jenis apel Hua Niu (juga dikenal sebagai Chinese Red Delicious) mendapatkan warna ungu tua karena ditanam di lahan yang berketinggian 3100 meter di atas permukaan laut. Tepatnya di Nyingchi, Daerah Otonomi Tibet.

Kebun apel ungu seluas 50 hektar itu didirikan oleh perusahaan Cina Dandong Tianluo Sheng Nong e-Commerce Trade Co. Di sana, perbedaan suhu antara siang dan malam sangat signifikan, dan buah-buahan mendapatkan banyak sinar matahari dan sinar ultraviolet yang menyebabkan kulit apel Hua Niu –sesuai karakteristiknya berwarna merah tua—berubah menjadi ungu tua.

“Apel Black Diamond berwarna ungu, berkilau, dan memiliki tekstur yang bagus. Dari luar, apel hampir terlihat seperti lilin, dan seindah berlian. Begitulah cara mereka mendapatkan nama mereka, ” kata Yu Wenxin, Direktur Pasar di Dandong Tianluo Sheng Nong E-

Apel ungu atau apel ‘black diamond’ asal Pengunungan Tibet–foto fresh plaza/odditycentral

Commerce Trade Co, Ltd, kepada Fresh Plaza.

Produksi di kebun Nyingchi dimulai pada 2015, tiga tahun setelah pohon ditanam, namun, karena sejumlah faktor, apel-apel itu  hanya dapat ditemukan di sejumlah supermarket kelas atas di Beijing, Shanghai, Guangzhou dan Shenzhen, dan biasanya dijual dalam paket hadiah 6 sampai 8 buah. Menurut Tencent News, harga apel Black Diamond sekitar 50 yuan per buah.

“Karena produksi China terbatas, dan biaya distribusi agak tinggi, apel berlian hitam dengan harga tinggi termasuk dalam segmen pasar kelas atas,” kata Yu Wenxin. “Kami kebanyakan menjualnya dalam bentuk bingkisan berisi 6 atau 8 buah apel. Tahun lalu, sejumlah kecil apel kami dijual ke supermarket kelas atas di kota-kota tingkat pertama di China, di mana mereka diterima dengan sangat baik. ”

Apel ungu atau apel ‘black diamond’ asal Pengunungan Tibet–foto fresh plaza/odditycentral

Metadaan melaporkan bahwa karena suhu rendah yang dibutuhkan pohon apel Black Diamond untuk menghasilkan buah berwarna gelap, tingkat pertumbuhannya jauh lebih rendah dari rata-rata. Sementara kebanyakan jenis apel mencapai kematangan dalam 2 hingga 5 tahun, pohon-pohon ini membutuhkan tidak kurang dari 8 tahun. Selain itu, hanya sekitar 30% dari hasil kebun yang memenuhi standar kepatuhan warna untuk dijual sebagai apel Black Diamond premium.

Masalah seperti yang disebutkan di atas, ditambah dengan kondisi geografis khusus yang diperlukan untuk menanam apel Black Diamond yang membuat para penanam buah enggan menanam apel jenis ini.***dian

.

Comments

comments